November, 211 Desa Gelar Pilkades Serentak

726
0
Loading...

TASIK – November tahun ini, sebanyak 211 desa akan melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pemerintah Desa (Pemdes) DPMDPAKB Kabupaten Tasikmalaya, Agianto Ahmad Tahir SSTP MSi kepada Radar, Jumat (29/3).

Kata dia, saat ini pihaknya sedang membuat draft keputusan bupati (kepbup) tentang penetapan waktu pilkades serentak di November nanti. Termasuk menentukan soal kepantiaan dan tahapannya. “Kami mengimbau seluruh BPD dan masyarakat untuk terlibat dalam menyukseskan pilkades serentak ini,” harapnya.

Dia menjelaskan, untuk anggaran pilkades serentak dibutuhkan Rp 3 miliar lebih. Masing-masing desa akan mendapatkan anggaran Rp 15 juta untuk memilih orang nomor satu di desa tersebut.

Selain itu, yang harus dipikirkan saat ini adalah Pejabat sementara (Pjs) kepala desa. Karena, 211 desa yang akan ikut pilkades, kepala desanya habis masa jabatan mulai Mei, Agustus dan November. Maka dari itu, dibutuhkan orang untuk mengisi kekosongan ini. “Sesuai dengan aturan, desa yang habis masa jabatannya harus diisi oleh Pjs dari ASN,” paparnya.

Jelas dia, untuk Pjs bisa mengambil ASN dari kecamatan, dinas atau badan. Dengan catatan tetap tidak mengganggu pelayanan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tersebut.

Loading...

Terpisah, Kepala Desa Sukaraja Kecamatan Rajapolah, Andi Lala mengatakan anggaran pilkades tidak cukup Rp 15 juta. Karena, melihat pilkades sebelumnya di desa lain dengan jumlah pemilih sekitar 4.000 orang, kebutuhannya mencapai Rp 30 juta. “Jadi harus mengalokasikan anggaran tambahan di APBDes,” paparnya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.