November-Desember Warga Kota Tasik Diminta Waspada Bencana

2839
0
radartaaikmalaya.com
November-Desember Warga Kota Tasik Diminta Waspada Bencana
Loading...

KOTA TASIK – Plt Wali Kota Tasikmalaya, HM Yusuf, mengingatkan masyarakat agar tetap waspada dengan rawan bencana alam di bulan November dan Desember ini.

Pasalnya, menurut BMKG dan instansi terkait lainnya, saat November dan Desember 2020 ini diprediksi cuaca dengan curah hujan sangat tinggi. Dan, bencana bisa mendadak datang kapan saja.

Maka, guna mengantisipasi bencana alam itu pihaknya melakukan Apel Konsolidasi Kesiapsiagaan Bencana di Halaman Mapolresta Tasikmalaya, Jumat (06/11) pagi.

“Ini salah satu bentuk apresiasi pemerintah. Baik dari pemerintah pusat sampai ke pemerintah daerah. Dan ini juga merupakan instruksi, sehingga Pak Kapolresta bekerjasama dengan pemerintah,” ujarnya kepada radartasikmalaya.com.

“Hari ini seperempat dari kota dan kabupaten se-wilayah Jabar melaksanakan Apel Konsolidasi Kesiapsiagaan Bencana. Sehingga kita harus tanggap terhadap berbagai bencana yang bisa terjadi,” sambungnya.

Terang dia, informasi yang didapatkan pihaknya dari BMKG dan instansi yang lain menyatakan bulan November dan Desember ini curah hujan serta cuaca sangat rawan menimbulkan bencana.

“Sehingga dibutuhkan kesiapan kita dan mengingatkan. Karena setiap tahun kita laksanakan ini untuk mengingatkan kepada semua stakeholder dan masyarakat tentang keberadaan bencana,” terangnya.

Loading...

Makanya, beber dia, hari ini pihaknya melakukan lagi apel kesiapan.

“Mudah-mudahan ini kita sudah bersiap, kami dengan Forkopimda, Pak Dandim, Pak Danlanud, dan Pak Kapolres khususnya, kita semua akan mengingatkan masyarakat agar tanggap bencana,” bebernya.

Meski bencana alam yang kerap terjadi di Kota Tasik relatif tak begitu besar, tambah Yusuf, namun wilayah Kota Tasik punya tetangga, yaitu Kabupaten Tasik yang belum lama ini mengalami bencana signifikan.

“Sehingga menimbulkan kerugian negara dan korban. Diharapkan semua pihak bergabung dan semua turun. Jadi ketika ada bencana di kabupaten dari kota pun turut membantu,” tambahnya.

Termasuk, jelas Yusuf, bencana lain seperti kebakaran juga tak dapat diprediksi kapan datangnya.

“Kita sangat kompak. Jadi ketika kebakaran terjadi seluruh pemadam kebakaran di wilayah Priangan ini sudah kompak turun tanpa dibebani apapun,” jelasnya.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.