Objek Wisata Batukaras Pangandaran Perlu Ditata Lebih Baik

33
0
DITATA. Warga menikmati suasana di objek wisata Batukaras. Wisatawan berharap objek wisata tersebut ditata lagi. Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya
DITATA. Warga menikmati suasana di objek wisata Batukaras. Wisatawan berharap objek wisata tersebut ditata lagi. Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya

PANGANDARAN – Objek wisata Batukaras merupakan salah satu objek wisata unggulan Kabupaten Pangandaran. Banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai tersebut. Namun wisatawan berharap objek wisata di Kecamatan Cijulang itu ditata lebih baik lagi.

Salah seorang pengunjung Riki (23) mengatakan objek wisata Batukaras hanya perlu ditambahkan banyak tempat nongkrong dan taman. “Ya supaya kelihatanya tidak terlalu kumuh,” katanya Minggu (4/10).

Menurut dia, untuk warung-warung makan juga perlu ditata, sehingga terlihat lebih rapi. “Kalau perlu bangunannya dibuat lebih menarik dan jaraknya tidak terlalu berdempetan,” sarannya.

Wisatawan lainnya Muhamad Supendi (34) mengatakan akses menuju Batukaras pun masih kurang penerangan, sehingga ketika malam hari gelap.

“Jalan ke objek wisata kan berbelok, kemudian banyak pepohonan, saat malam hari sangat gelap,” ujarnya.

Dirinya berharap pemerintah menambah unit PJU di Batukaras. Sehingga akses ke lokasi lebih mudah saat malam hari. “Jadi wisatawan semakin nyaman,” harapnya.

Loading...

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Untung Saefulrachman mengatakan Batukaras merupakan salah satu unggulan yang banyak dikunjungi turis mancanegara. “Sebelum Covid datang, Batukaras merupakan favorit turis asing untuk berselancar,” ujarnya.

Baca juga : Saat Pandemi, Retribusi Pedagang di Pangandaran Tidak Ditarik

Dia mengatakan objek wisata Batukaras akan segera ditata, terutama soal penataan perahu nelayan dan kebersihan.

“Untuk sementara memang difokuskan penataan Pantai Pangandaran sebagai wajah dari Kabupaten Pangandaran. Tapi semua objek wisata yang dikeloka pemkab juga akan ditata kembali,” katanya.

Menurutnya, bagaimana pun Batukaras adalah salah satu unggulan pariwisata Pangandaran dan perlu untuk dipercantik. “Kawasan ini memang perlu disolek lagi dan dikonsep sedemikian rupa,” tuturnya.

Dia menyebut tahun 2019, objek wisata di Cijulang itu menyumbang Rp 2 miliar untuk pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Pangandaran. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.