ODP 131, Pemdes Pagerageung dan FKPPI Lakukan Penyemprotan Desinfektan Massal

170
0

KABUPATEN TASIK – Adanya orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 131, Pemerintah Desa (Pemdes) Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya bersama GM FKPPI Rayon 1206 Pagerageung memyemprotkan desinfektan ke seluruh pemukiman, Jumat (10/04) siang.

Penyemprotan ini dilakukan 5 regu yang disebar ke 5 kedusunan yang ada di Desa Pagerageung.

Ada pun yang disemprot bukan hanya tempat umum seperti tempat ibadah, namun termasuk rumah-rumah warga juga.

“Kegiatan ini sebagai partisipasi aktif FKPPI membantu pemerintah mencegah penyebaran virus Corona,” kata Ketua FKPPI Rayon 1206 Pagerageung, Tatang Abdul Kholik kepada wartawan.

Kepala Desa Pagerageung, Miftah Farid menuturkan, penyemprotan itu dimulai di jalanan dan Lorong-lorong, tempat umum, kantor, tempat ibadah dan rumah warga serta sarana lainnya.

Tujuan penyemprotan ini untuk menjaga kebersihan lingkungan dalam rangka mencegah penyebaran virus corona.

“Kegiatan penyemprotan ini untuk mencegah masuknya virus corona di Desa Pagerageung, terlebih banyak warga yang baru datang dari luar kota yang masuk zona merah,” tuturnya.

Menurutnya, pihaknya juga membuat Gugus Tugas Desa Pagerageung yang di dalamnya ada tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda sehingga semua bergerak untuk penanganan tersebarnya virus corona di Desa Pageregeung ini.

Pihaknya juga meminta kepada gugus tugas itu di setiap wilahannya mengadakan penyemprotan, khususnya tiap-tiap tempat berkumpulnya warga seperti mesjid ta’lim, masjid-masjid terutama masjid yang suka dipakai sholat berjamaah Jumatan.

Beber dia, sejauh ini di desanya memang masih masuk zona aman, namun kesiap siagan tetap ditingkatkan terutama bagi warga yang baru pulang kampung.

Langkah langkah pertama kita berikan himbauan apabila sebelum masuk Desa Pagerageung dalam kondisi steril.

Selanjutnya, pihanya mengadakan pemantauan selama 14 hari. Dimana peran ketua RT terus melakukan pemantauan dan menginformasikan perkembangannya.

“Tidak ada penyekatan karena mungkin setiap ada yang datang dari luar daerah ke Fesa Pagerageung wajib lapor dulu ke pak RT atau pak RW setempat,” bebernya.

Jelas dia, ODP di Desa Pagerageung ini, minggu sebelumnya ada sebanyak 106 orang. Namun saat ini bertambah menjadi 131 orang.

 

Selama ini ODP tersebut dalam pantauan, dan sejauh ini mereka aman aman saja belum ada kendala atau keluhan keluhan.

“Selain ODP, sebelumnya ada juga satu orang yang berstatus PDP namun saat ini sudah dinyatakan selesai pemantauan,” tukasnya.

(rezza rizaldi)q

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.