OJK Tegaskan Tak Fasilitasi Deklarasi

198
PAPARKAN. Bagian Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Tasikmalaya Triyono Raharjo memberikan keterangan kemarin.RANGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Kantor Otoritas Jasa keuangan (OJK) Tasikmalaya tidak tahu menahu soal adanya deklarasi dukungan politik usai kegiatan Sosialisasi Ekonomi Syariah. Deklarasi dilakukan setelah para petugas dari OJK meninggalkan lokasi kegiatan.

Triyono Raharjo, dari Bagian pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Tasikmalaya yang mengisi materi dalam kegiatan sosialisasi mengaku tidak tahu menahu tentang adanya deklarasi. Dia baru tahu permasalahan itu sore hari di media sosial. “Kita enggak tahu kalau di situ ada deklarasi (dukungan pilpres, Red),” ungkapnya, Kamis (7/2).

Dia menceritakan kronologi bagaimana kegiatan tersebut terselenggara. Hal itu bermula ketika pihaknya mendapat disposisi dari kantor pusat tentang Sosialisasi Ekonomi Syariah di Ponpes Sulalatul Huda dengan pembicara tunggal Wakil Gubernur H Uu Ruzhanul Ulum.

Pihak OJK tidak begitu mengenal identitas penyelenggara, maka dia berkomunikasi dengan pihak ponpes. Dari pihak ponpes barulah ada komunikasi dengan panitia penyelenggara.

Kegiatan berjalan sebagaimana mestinya, sampai panitia mengumumkan akan dilakukan Riyadhul Kebangsaan. Saat itu, ada yang membisiki dan menyarankan meninggalkan lokasi kegiatan. “Katanya kalau mau pulang silahkan, kami pikir mungkin selanjutnya acara internal jadi kami langsung pulang,” katanya.

Selang beberapa jam, dia meninggalkan lokasi kegiatan, ada yang menanyakan kepadanya terkait persoalan yang muncul di lokasi kegiatan.Triyono kaget karena sama sekali tidak mengetahui ada deklarasi dukungan politik.

“Kami (OJK) sudah tiga kali mengingatkan supaya kegiatan tersebut jangan sampai ditumpangi politik. Pertama saat komunikasi awal dengan pihak ponpes, kedua saat komunikasi awal dengan panitia dan ketiga yaitu kepada keluarga pesantren sekaligus panitia sehari sebelum kegiatan dilaksanakan,” tuturnya.

Terpisah, Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya Ijang Jamaludin mengatakan pihaknya pun sudah meminta klarifikasi kepada pihak OJK. Hasilnya masih mendalami ada tidaknya pelanggaran pemilu saat deklarasi tersebut. “Masih kami dalami, tadi juga kami sudah datang ke pihak OJK,” katanya. (rga)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.