Oknum Sipir Lapas Garut Selundupkan 12 Paket Sabu

152
0
ilustrasi

BANYURESMI – Seorang oknum sipir atau penjaga tahanan di Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas IIB Garut diamankan saat hendak masuk kerja, Minggu (8/11).

Oknum sipir berinisial ARH ini diamankan oleh rekan-rekannya karena diketahui menyelundupkan narkoba jenis sabu-sabu ke dalam Lapas.

“Pelaku ini membawa sabu-sabu dengan disimpan di dalam bagasi sepeda motor yang dibawanya,” ujar Kepala Lapas Kelas IIB Garut, RM Kristyo Nugrogo dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Kristyo mengatakan, pengungkapan aksi penyelundupan narkoba yang dilakukan oknum petugas Lapas ini berawal dari ada informasi akan adanya penyelundupan narkoba ke dalam Lapas Garut.

Baca juga : 20 Guru SD & PAUD di Karangpawitan Garut Positif Corona

Dari informasi itu, kata dia, seluruh petugas jaga melakukan pemeriksaan baik kepada pengunjung maupun petugas yang akan masuk maupun keluar Lapas. “Jadi sesuai protap semua yang keluar dan masuk Lapas harus digeladah, termasuk petugas,” ujarnya.

Dalam pemeriksaan badan, kata dia, oknum petugas ini tidak ditemukan narkoba, tetapi ketika dilakukan pemeriksaan sepeda motor yang digunakannya, terdapat 12 paket sabu-sabu .

“Saat itu kami langsung amankan, dan berkoordinasi dengan Divisi Pemasyarakatan untuk penanganan lebih lanjut,” terangnya.

Untuk saat ini, kata dia, oknum petugas ini beserta barang buktinya sudah diserahkan kepada pihak Satuan Reserse Narkoba Polres Garut untuk proses lebih lanjut.

Dengan adanya temuan tersebut, ia mengaku akan semakin mengetatkan pemeriksaan secara rutin. Hal tersebut menurutnya harus dilakukan agar Lapas Garut bersih dari peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang.

“Kami bertekad, siapapun yang melakukan pelanggaran akan dilakukan penindakan tegas,” paparnya. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.