Oleh Soleh Diklarifikasi Bawaslu

188
0
DIKLARIFIKASI. Calon legislatif DPRD Provinsi Jawa Barat H Oleh Soleh (kiri) diklarifikasi Bawaslu terkait dugaan pelanggaran penyebaran APK KH Acep Adang Ruhiat Senin (28/1).DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

SINGAPARNA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tasikmalaya mengklarifikasi Calon Legislatif DPRD Jabar H Oleh Soleh terkait dugaan pelanggaran pemilu pembagian alat peraga kampanye (APK) Caleg DPR RI KH Acep Adang Ruhiat di Masjid Jami Kecamatan Bojonggambir, Senin (28/1).

Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Dodi Juanda mengatakan beberapa waktu lalu, Panwascam Bojonggambir menemukan penyebaran APK seperti stiker, kalender KH Acep Adang Ruhiat disebarkan pada acara organisasi yang diselenggarakan di Masjid Jami Kecamatan Bojonggambir.

“Kita undang Oleh Soleh sebagai saksi untuk mengklarifikasi atas temuan tersebut. Karena yang bersangkutan saat itu berada di lokasi,” ujarnya kepada wartawan usai klarifikasi kemarin.

Selain Oleh, kata Dodi, pihaknya akan mengundang saksi lainnya, H Cecep Nuryakin yang hadir pada acara tersebut sebagai anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya. “Pada Rabu (30/1), kami juga akan mengundang langsung KH Acep Adang Ruhiat yang juga berada di lokasi,” paparnya.

Kata Dodi, pihaknya belum bisa memutuskan apakah temuan ini masuk kategori pidana pemilu atau bukan. Karena masih terus mengumpulkan alat bukti dan mengklarifikasi saksi-saksi. “Nanti kami akan bahas hasil klarifikasi saksi-saksi di Sentra Gakkumdu,” terangnya.

Tempat yang sama, Caleg DPRD Provinsi Jawa Barat H Oleh Soleh mengatakan yang diklrafikasi mulai dari acara pelantikan organisasi di Masjid Jami Kecamatan Bojonggambir. “Saya sampaikan apa yang saya lihat dan dengar. Saya hadir di sana sebagai tamu undangan,” katanya.

Oleh mengaku tidak mengetahui ada pembagian APK KH Acep Adang Ruhiat pada acara yang diselenggarakan di masjid tersebut. “Saya datang pas prosesi pelantikan organisasi tersebut. Saya rasa tidak ada pembagian bahan kampanye di dalam masjid,” paparnya.

Lanjut dia, dalam sambutan KH Acep Adang Ruhiat pun tidak ada yang mengarah kepada kampanye atau penyampaian visi misi. “Ya jadi hanya sebatas memberikan arahan organisasi. Kalau pelanggaran itu menyebutkan visi misi dan nomor urut serta memberikan penjelasan cara mencoblosnya,” bebernya.

Caleg DPR RI KH Acep Adang Ruhiat membenarkan sudah ada undangan dari Bawaslu untuk klarifikasi soal dugaan pembagian APK di Masjid Jami Kecamatan Bojonggambir. “Intinya saya tidak tahu soal pembagian APK yang terjadi di luar (masjid). Karena pada saat itu saya sedang di dalam masjid mengikuti acara,” jelasnya.(dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.