Operator Desa Dilatih Gunakan Aplikasi

205
0
ISTIMEWA KOMPAK. Operator desa se-Kecamatan Singaparna kompak usai pelatihan aplikasi, Jumat (8/3).

SINGAPARNA – Operator desa di Kecamatan Singaparna diberikan pelatihan dalam penggunaan aplikasi Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel), Jumat (8/3).

Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kecamatan Singaparna, Aep Saepudin mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk persiapan dalam pemberlakuan sistem informasi profil desa. Sehingga, operator desa ini bisa memahami dan menjalankannya dengan benar.

Nantinya, kata dia, profil desa ini bisa langsung akses dengan pemerintah pusat, itu sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan.

“Sistem informasi profil desa ini sebagai sumber data bagi pemerintah pusat, dalam menentukan dasar perencanaan pembangunan dan pengambilan kebijakan untuk daerah,” ujarnya.

Profil desa ini, kata dia, harus diisi dengan data yang akurat di desa. Mulai dari potensi dan perkembangan desa. Sehingga, kebijakan pemerintah pusat untuk daerah bisa sesuai dengan aspirasi dan kondisi sebenarnya.

“Makanya, data yang dimasukan harus benar-benar akurat. Pelatihan ini mengarahkan operator desa untuk mengisi data yang sesuai dengan kebutuhan pemerintah pusat,” paparnya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.