Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
17%

83%

Operator Pengelola Air Limbah Dilatih

26
0
PELATIHAN. Kepala UPTD PALD Kota Bekasi Andre Sucipto (berdiri) berbagi pengalaman dalam kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) Kota Tasikmalaya di Grand Metro Hotel, Rabu (9/10). Ujang Nandar / Radar Tasikmalaya

CIHIDEUNG – Stichting Nederlandse Vrijwilligers (SNV/Organisasi Pembangunan Belanda) memberikan pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) Kota Tasikmalaya di Grand Metro Hotel, Rabu (9/10).

Dalam kegiatan tersebut, Kepala UPTD PALD Kota Bekasi Andre Sucipto dan Konsultan Asosiasi Forum Komunikasi Air Limbah Domestik (FROKALIM) Jakarta menjadi narasumber.

City Advisor SNV Dadang Ahman Hidayat menerangkan, kegiatan tersebut ditujukan khusus untuk operator UPTD SPALD. Mereka diberi pemahaman tentang pengangkutan, penyedotan dan pengolahan air limbah. “Dengan harapan besar kinerjanya lebih meningkat,” kata dia.

SNV sebagai sebuah organisasi akan turut mendorong terciptanya sanitasi aman khususnya di Kota Tasikmalaya. Hal tersebut sesuai dengan amanat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). “Indonesia itu harus menuju sanitasi aman sehingga kami terus sama-sama mendorong untuk sanitasi aman ini,” kata dia.

Sanitasi aman (saniman) di Kota Tasikmalaya harus terwujud di 2020. Berbagai program pun sedang diselenggarakan seperti halnya program Jawara Open Defecation Free (ODF) Menuju Saniman. Nah, untuk menuju saniman itu harus menyiapkan UPTD SPALD yang menjadi penyempurna sanitasi aman. “Jangan sampai nanti masyarakat sudah ODF dan memiliki peralatan yang septic dan ketika penuh pengolahannya belum siap, hari ini kita mulai mempersiapkannya,” tutur dia.

Konsultan Asosiasi Forum Komunikasi Air Limbah Domestik (Frokalim) Jakarta Budi Darmawan menyatakan, Kota Tasikmalaya sudah mulai melaksanakan kegiatan-kegiatan menuju sanitasi aman sejak 2017. “Saat ini Tasikmalaya sudah mulai ada progres menuju sanitasi aman itu. Mudah-mudahan tahun depan target ini bisa tercapai sesuai dengan keinginan Wali Kota,” kata dia. “Saat ini harus ada penguatan dari UPTD SPALD dengan terus dukungan cukup besar dari Pak Wali Kota Tasikmalaya,” tambah dia.

Kepala UPTD PALD Kota Bekasi Andre Sucipto menerangkan, dalam pelatihan itu pihaknya berbagi pengalaman dalam mengelola air limbah di Bekasi. menurut dia, UPTD SPALD harus berada di tengah-tengah kota agar mobilisasinya lebih cepat dan standard operating procedure (SOP) harus disegerakan. “Yang lebih penting yakni analisa jabatannya yang akan menentukan struktur dari UPTD sendiri, yang disesuaikan dengan kebutuhan Pemerintah Kota Tasikmalaya,” ujar dia.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya, kata dia, juga harus menyiapkan anggaran untuk menunjang proses berjalannya UPTD SPALD agar pelayanannya lebih profesional.

Kepala UPTD SPALD Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perawaskim) Kota Tasikmalaya Supriyanto menyatakan, pelatihan tersebut akan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi operatornya dalam mengelola air limbah. Saat ini, hal yang menjadi kendala dalam mengelola air limbah adalah belum adanya kekuatan regulasi. Misalnya, kewajiban menggunakan septic tank, larangan membuang limbah ke sungai, dan pengaturan sektor swasta dalam melaksanakan penyedotan lumpur tinja. “Regulasi ini sangat penting bagi kami untuk melaksanakan tugas kami sebagai pengolah air limbah,” katanya.

Dia berharap regulasi tersebut bisa segera ditertibkan agar pihaknya lebih leluasa dalam melaksanakan penyedotan dan pengolahan air limbah. “Kalau tidak bisa perda (peraturan daerah, Red.) bisa perwalkot-nya dulu, karena regulasi ini juga dibutuhkan oleh Dinas Kesehatan,” tuturnya.

Sementara itu, selain dihadiri operator UPTD SPALD, pelatihan tersebut juga diikuti perwakilan Bagian Organisasi Setda alaya dan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Tasikmalaya. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.