Orangnya Susah Ditemui, PKS dan PBB Lambat Serahkan LPJ APBD

24
ilustrasi

CIHIDEUNG – DPC Partai Bulan Bintang (PBB) dan DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Tasikmalaya belum melengkapi Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) hingga waktu yang telah ditentukan.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tasikmalaya Yudi Kustiadi menyebutkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sudah mempertanyakan kembali mengenai LPJ dari partai yang mendapatkan bantuan APBD itu.

Namun, pihaknya belum bisa memberikan penjelasan pasti ke BPK terkait keterlambatan PBB dan PKS melengkapi LPJ.

Pihak partai sendiri mengaku ada beberapa orang yang belum memberikan tanda tangan terkait LPJ itu.

“Katanya orang-orangnya susah ditemui, tapi mereka sudah berkomitmen Minggu ini selesai,” tuturnya.

Yudi tidak menerima alasan keterlambatan pembuatan LPJ karena partai-partai tersebut sibuk mengurus pilpres dan pemilu. Seperti apa pun kondisinya, urusan administrasi tidak boleh dikesampingkan.

“Ya itu bukan urusan kami, karena LPJ ini bukan urusan main-main,” katanya.

Dia mengingatkan kepada parpol untuk bisa tertib administrasi. Pemkot sendiri tidak akan memberikan sanksi terhadap partai tersebut karena evaluasi akan dilakukan oleh BPK.

“Nanti bagaimana hasil pemeriksaan BPK, kalau bermasalah ya tahun ini bantuan keuangan mereka bisa ditangguhkan,” ujar dia.

Ketua DPD PKS Kota Tasikmalaya Agus Setiawan menjelaskan pengurus yang menangani masalah administrasi merupakan kader-kader yang maju di pileg. Maka dari itu, sedikit banyak konsentrasinya terkuras untuk kepentingan pemenangan.

“Ya memang itu berpengaruh karena jadi tidak bisa fokus mengerjakannya,” kata dia kepada Radar.

Namun demikian, bukan berarti pihaknya mengesampingkan kewajiban untuk penyusunan proses LPJ. Setiap hari pun pengerjaan tetap dilakukan meskipun secara bertahap. “Setiap harinya pasti dikerjakan,” ujarnya.

Keterlambatan tersebut juga akan menjadi evaluasi PKS dalam mengurus administrasi. Dia pun menargetkan LPJ tersebut selesai pada pekan ini.

“Minggu ini selesai, bahkan besok juga mungkin sudah bisa selesai,” katanya.

Ketua DPC PBB Kota Tasikmalaya Asep Deni Adnan Bumaeri menyatakan pihaknya sudah menyerahkan LPJ ke Kesbangpol kemarin. Dia mengakui proses pilpres cukup menguras energi dan menjadi kendala penyelesaian LPJ tepat waktu.

Beda dengan tahun sebelumnya, PBB selalu lebih awal melaporkan LPJ ke Kesbangpol. “Kita selalu jadi yang paling awal,” ucap dia.

Penyusunan LPJ juga bukan hal yang bisa disusun secara sembarangan tetapi perlu kehati-hatian. “Karena di BPK juga nanti biasanya ada perbaikan-perbaikan,” ujarnya. (rga)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.