Organisasi Dongkrak Disiplin dan Skill Komunikasi

25
0
Dr H Dadang Yudhistira MPd

TAK salah pepatah yang mengatakan bahwa Pengalaman Merupakan Guru Terbaik bagi kehidupan seseorang, tak terkecuali untuk mereka yang menjadi guru.

Guru, memang menjadi figur yang harus selalu sempurna di mata orang lain. Seolah guru itu merupakan maha resi, yang harus selalu menjadi teladan bagi peserta didik dan warga masyarakat. Guru sekolah maha resi yang tak boleh salah, sekalipun guru adalah juga manusia. Tapi, itulah guru. Yang harus selalu tampil di posisi paling terhormat.

Bagi orang bukan guru menggunakan pakaian kurang senonoh, itu mungkin dipandang biasa. Tapi jika itu dilakukan guru, maka ketidakpantasannya akan menjadi viral luar biasa.

Demikian pula, jika orang bukan guru bicara tak sopan mungkin akan dipandang biasa. Tapi jika omongan guru kasar, premanis, atau berkata tak sopan, maka ketidaksopanannya itu akan menjadi viral luar biasa.

Guru dituntut disiplin, hadir di sekolah sebelum peserta didik datang. Guru harus malu jika hadir di sekolah selalu kesiangan. Terlebih hadir siang menjadi kebiasaan. Guru harus mendidik peserta agar berdisiplin, hadir di sekolah tepat waktu dan tidak kesiangan. Tapi, harus diingat, bahwa sebaik-baiknya didikan adalah contoh atau teladan.

Guru dituntut berkomunikasi dengan peserta didik dalam proses pembelajaran, baik di dalam maupun di luar kelas, serta dengan sesama rekan kerja dan orang tua atau masyarakat, dengan bahasa dan gaya komunikasi yang santun dan baik. Guru wajib berkomitmen dengan cara qaulan sadidan, baligho, maisuro, layyina, karima dan qaulan marufa.

Loading...

Guru tak cukup dirinya pintar, tapi kurang baik di gaya komunikasi. Tak sedikit, ada guru pintar, tapi seakan menutup diri, kurang berkomunikasi, bahkan ide dan gagasan baik yang ada di benaknya pun terkadang tak terkomunikasikan dengan baik.

Beruntung lah guru-guru yang sejak jadi pelajar, baik di SD, SMP, SMA atau saat di perguruan tinggi, aktif di organisasi.

Banyak organisasi sejak jadi pelajar yang dapat diikuti baik OSIS, PMR, PKS, Polisi Siswa, Pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya.

Terbukti, terdapat korelasi positif antara pengalaman berorganisasi dengan sikap disiplin dan gaya komunikasi.

Guru yang pernah aktif dan ditempa dengan pengalaman organisasi cenderung memiliki sikap disiplin tinggi dan cenderung memiliki komitmen terhadap tugas. Tempaan di organisasi akan mewarnai kedisiplinan nya sebagai guru. Demikian pula, guru yang memiliki pengalaman organisasi dan ditempa dengan itu cenderung memiliki gaya komunikasi yang luas dan dinamis. Selamat Hari Guru Nasional 2019.

Tasikmalaya, 21 November 2019

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.