Ormas dan LSM Ciamis Audensi ke DPRD, Minta Kaji Ulang IMB Tower dan..

380
0
AUDIENSI SOAL IZIN TOWER
Gabungan ormas dan LSM se- Kabupaten Ciamis, melakukan audensi terkait masalah tower di Imbanagara Kabupaten Ciamis. foto: iman s rahman/ radartasikmalaya.com.

CIAMIS –  Aliansi Ormas dan LSM Kabupaten Ciamis, melakukan audensi ke DPRD Ciamis, Selasa (4/8) sekitar pukul 09.00.

Mereka meminta Dewan untuk mengkaji ulang terbitnya Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Salah satunya pembangunan tower yang ada di Imbanagara Raya Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis.

Perwakilan Aliansi Ormas dan LSM Kabupaten Ciamis, Robi Tamzi menjelaskan pihaknya meminta untuk mengkaji ulang terbitnya IMB.

Pasalnya, diduga pembangunan menara tersebut keberadaanya di sempadan sungai dan juga  keberadaan di tanah produktif, yakni di atas sawah di Desa Imbanagara Raya.

“Jadi kami berharap DPRD Kabupaten Ciamis bisa menghadirkan pihak terkait untuk duduk bersama. Pihak pengusaha pun harus hadir,” papar Robi yang juga Ketua Distrik DPD LSM GMBI   Kabupaten Ciamis .

Pihaknya sangat berterimakasih kepada DPRD Ciamis yang dimana  telah mempasilitasi kami ormas dan LSM, bahwa satu minggu setelah ini akan duduk bersama dan  menghadirkan beberapa pihak yang bersangkutan.

Pasalnya perlu pembahasan, menyangkut salah satu tower di Imbanagara Raya itu posisinya ada di sempadan sungai.

“Indikasinya ada sebuah pelanggaran. Dan kami ingin dikaji ulang. Jika kedepan persoalan tidak juga digubris, tak menutup kemungkinan akan melakukan aksi semua ormas dan LSM. Dan tidak menutup kemungkinan juga kami akan menutup lokasi tersebut,” ancamnya.

Robi mengaku, bahwa dalam pertemuan hari ini jutru tida ada keputusan, dan  pihaknya tidak puas, karena pihak pengusaha tidak dihadirkan.

“Namun intinya kami meminta IMB dikaji ulang  kembali dan hadirkan pengusahanya juga,” pintanya.

Ditambahkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Kabupaten Ciamis, Rudi SE, bahwa persoalan tower di Imbanagara Raya secara prosedur administras sudah dilakukan perivikasi.

Bahkan, kata dia, sudah melalui rapat teknis dengan dinas terkait selama dua kali.

Hasilnya,  IMB-nya sudah berproses serta semuanya sudah ditempuh sesuai prosedur dan sesuainpengecekan ke lokasi pembangunan tower tersebut.

“Itu prosesnya seperti itu. Jadi semua sudah terperivikasi dan kami telah mengeluarkan IMB,” terangnya.

Ditambahkan  Wakil Ketua DPRD Ciamis, Sopwan Ismail S PSi, pihaknya akan mengecek langsung terkait yang dipersoalkan.

“Khususnya, posisi yang diduga melanggar sempadan sungai, akan kami cek langsung ke lapangan. Nanti dari Komisi A juga akan melakukan kajian secara internal terkait  apa yang disampaikan teman-teman yang audensi, nanti hasilnya akan disampaikan,” paparnya.

“Permasalahan yang temen-temen ormas sampaikan mengenai IMB tower seluler, izinnya juga, tambahan lain izin toko moderen, izin SPBU yang pokonya menyangkut perijinan semua,” sambungnya.

Pihaknya, ungkap dia, mengapresiasi langkah yang dilakukan Ormas dan LSM.

“Saya berharap apa yang dilakukan teman-teman menjadi kontrol pada pemerintah daerah,” tuntasnya.

(iman s rahman)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.