Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.1%

88.5%

3.1%

0.3%

5.9%

0%

1%

0%

Ormas Diajak Menggalakkan Germas

23
0
Istimewa. GEBYAR. Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis menggelar Gebyar Germas dengan peserta ormas, SKPD dan dunia usaha di Gelanggang Galuh Taruna (GGT) Ciamis Selasa (3/12).
Istimewa. GEBYAR. Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis menggelar Gebyar Germas dengan peserta ormas, SKPD dan dunia usaha di Gelanggang Galuh Taruna (GGT) Ciamis Selasa (3/12).

CIAMIS – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat dan Dinkes Kabupaten Ciamis menggelar Gebyar Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) di Gelanggang Galuh Taruna (GGT) Ciamis Selasa (3/12).

Sasaran Germas kali ini yakni sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas). Diantaranya Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), PC NU, Persis, Aisiyah, PPNI, IBI dan lain-lain. Hadir pula Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan perusahaan swasta di wilayah Ciamis.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis Drs H Maman Somantri mengatakan Germas merupakan gerakan nasional. Germas mengedepankan upaya promotif dan preventif dengan melibatkan seluruh komponen dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

Gebyar Germas di Ciamis sudah ke dua kalinya, sebelumnya menyasar pelajar, kali ini menyasar ormas. “Upaya Germas perlu dukungan dari unsur masyarakat termasuk ormas dan perusahaan swasta,” katanya.

Dukungan ini sangat diharapkan guna menanggulangi isu prioritas kesehatan antara lain, banyaknya penyakit menular, stunting, kematian ibu dan anak maupun penyakit tidak menular.

Strategi yang dilakukan melalui Germas yang antara lain menggalakan kegiatan kesehatan seperti melakukan aktivitas fisik secara rutin, konsumsi sayur mayur, secara rutin mengecek kesehatan, ajakan tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, menjaga lingkungan dan menggunakan jamban yang sehat.

“Dari 7 langkah Germas ini, kami ajak peserta untuk langsung mempraktikkan 3 poin yakni melakukan aktivitas fisik dengan senam, festival makan buah dan cek kesehatan,” ujarnya.

Diharapkan dengan adanya acara ini peserta dari ormas ini bisa mengimplementasikan Germas dan mengedukasi anggotanya untuk melakukan hal serupa.

“Selain ormas, kita juga ajak sektor dunia usaha untuk berkontribusi langsung di lingkup usahanya dalam implementasi Germas,” ujarnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ciamis Hj Kania Ernawati Herdiat Sunarya mengatakan pihaknya sedang gencar membangun gerakan masyarakat hidup sehat. Itu untuk membantu pemerintah mewujudkan program peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Menurutnya, Germas ini merupakan gerakan yang mengajak masyarakat terutama ibu-ibu, untuk lebih memperhatikan kesehatan dirinya sendiri, keluarga dan lingkungan, melalui pola hidup yang lebih baik.

“Saat ini sangat penting kesadaran dari seluruh pihak untuk lebih memperhatikan kesehatan dan lingkungan, baik itu makanan, lingkungan tempat tinggal dan lainnya, demi kehidupan yang lebih baik,” ujarnya. (na)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.