Pabrik & 2 Truk Tertimbun Longsor, Jalur Salopa-Manonjaya Tasik Masih Putus

474
0

TASIKMALAYA – Longsoran tebing setinggi hampir 150 meter menutup Jalan Raya Salopa-Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, dan menimpa sebuah pabrik pemotongan kayu serta dua unit truk, Senin (12/10) kemarin.

Sejak kemarin sampai hari ini, Selasa (13/10), jalur tersebut masih berusaha dibuka memakai alat berat dan salah satu jalur utama menuju Pangandaran tersebut masih putus tak bisa dilalui kendaraan.

“Jalur tertutup ini jalan Salopa-Manonjaya menuju Objek Wisata Pangandaran,” ujar Kepala Desa Kawitan, Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya, Uus Kusnadi, kepada wartawan di lokasi kejadian Selasa siang.

“Tebing yang longsor setinggi 150 meter. Yang tertimbun satu bangunan pabrik dan 2 unit truk milik warga,” sambungnya.

Uus menuturkan, kejadian longsor di wilayahnya ini berbarengan kemarin dengan bencana longsor dan banjir di 11 kecamatan lainnya akibat cuaca buruk.

Beruntung, pemilik pabrik dan keluarganya bisa menyelamatkan diri saat kejadian longsor pada dini hari kemarin.

“Alhamdulillah, kalau korban jiwa di wilayah kami karena bencana ini tidak ada. Paling kerugian yang dialami oleh korban Pak Asep, pemilik pabrik dan truk yang tertimpa longsor,” terangnya.

Uus mengimbau kepada seluruh warga yang hendak ke arah Salopa-Pangandaran via Gunung Tanjung supaya memutar arah mencari jalur alternatif lain.

Soalnya, sampai siang jalan tersebut masih tertutup longsoran tanah dengan panjang sekitar 100 meter.

Pihaknya pun kepada semua pengendara yang melewati jalur berbukit supaya waspada karena masih rawan longsor dengan intensitas hujan masih terus terjadi tiap harinya.

“Kami minta waspada kepada semua pengendara yang melewati jalur Manonjaya-Salopa menuju Pangandaran, karena rawan longsor di musim cuaca buruk sekarang,” tukasnya.

(rezza rizaldi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.