Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Pabrik Pakan Ikan Diresmikan Direktorat Jenderal Perikanan dan Budidaya KKP

34
0
PANTAU. Wakil Bupati Pangandaran H Adang Hadari memantau pabrik unit produksi pakan ikan di Kawasan Pelabuhan Cikidang Kamis (10/10).
PANTAU. Wakil Bupati Pangandaran H Adang Hadari memantau pabrik unit produksi pakan ikan di Kawasan Pelabuhan Cikidang Kamis (10/10).

PANGANDARAN – Direktorat Jenderal Perikanan dan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI secara resmi membuat unit produksi pakan ikan mandiri dan embung di Kabupaten Pangandaran.

Dirjen Perikanan Budidaya KKP melalui Direktur Pakan dan Obat Ikan Mimid Abdul Hamid mengatakan unit produksi pakan di Kabupaten Pangandaran merupakan pabrik pakan dengan skala medium.

”Dengan spesifikasi produk pakan jenis apung, slow sinking dan pakan tenggelam,” ungkapnya kepada wartawan, Kamis (10/10).

Menurut dia, pakan yang dihasilkan di pabrik tersebut untuk jenis ikan budidaya dan produksinya disesuaikan dengan Standar Operational Prosedure (SOP). ”Bermutu baik dan sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI),” ujarnya.

Lanjut dia, harga pakan ikan yang diproduksi di pabrik tersebut dapat dijangkau para pembudidaya kecil dan mampu mengefesiensi produksi hingga 30 persen.

”Ketersediaan pakan yang terjangkau itu menjadi isu utama di kalangan pembudidaya, dimana mereka sangat membutuhkan pakan yang berkualitas dan terjangkau,” katanya.

Menurut dia, efesiensi biaya produksi dapat dilakukan melalui peningkatan efesiensi pembiayaan pakan dalam budidaya ikan. ”Harga pakan lebih murah dan para pembudidaya dapat lebih terbantu,” tuturnya.

Lanjt dia, untuk pembangunan pabrik pakan ikan di Kabupaten Pangandaran sudah dilakukan sejak tahun 2018 di atas lahan 7.000 meter persegi.

”Mudah-mudahan bisa mencukup kebutuhan pakan ikan di Pangandaran khususnya, di Jawa Barat pada umumnya,” harap dia.

Kapasitas produski pakan ikan di pabrik tersebut, menurut dia, mencapai 1 ton per jam. ”Satu bulannya bisa mencapai 30 atau 50 ton, “ ujarnya.

Wakil Bupati Pangandaran H Adang Hadari mengatakan dengan adanya pabrik pakan ikan, para pembudidaya tidak harus jauh-jauh keluar kota untuk membeli pakan ikan. ”Saya kira harganya juga pasti terjangkau dan berkualitas,” katanya.

Para pembudidaya tersebut, kata dia, memang kerap mengeluh dengan mahalnya pembelian pakan ikan, semntara biaya produksi tidak seimbang.

”Karena Kabupaten Pangandaran masih daerah baru, mudah- mudahan bisa diberi lebih untuk subsidinya,” tuturnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.