Beranda Pangandaran Pabrik Penggilingan Padi Jadi Arang

Pabrik Penggilingan Padi Jadi Arang

89
BERBAGI
PADAMKAN. Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api yang melahap gudang penggilingan padi milik di Dusun Pondok Lombok Desa Sidomulyo Kecamatan Pangandaran, Rabu (4/4).

PANGANDARAN – Gudang penggilingan padi milik Anwar di Dusun Pondok Lombok RT 01 RW 09 Desa Sidomulyo Kecamatan Pangandaran hangus terbakar, Rabu (4/4) sekitar pukul 10.45.

Informasi yang dihimpun Radar, kebakaran baru diketahui warga setelah api membumbung tinggi melahap atap bangunan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun kerugian ditaksir mencapai Rp 50 juta.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (PKPB) Kabupaten Pangandaran Gunarto mengatakan pihaknya langsung mengerahkan tim damkar untuk melakukan pemadaman.

“Kami mendapatkan laporan dari warga dan tim langsung meluncur ke lokasi kejadian. Sesampainya di sana api sudah besar membakar seluruh bangunan,” ungkapnya.

Menurut dia, dua unit damkar diterjunkan untuk memadamkan api.

“Banyaknya material yang mudah terbakar sehingga api cepat merambat dan sulit dipadamkan. Seluruh isi bangunan habis terbakar,” ujarnya.

Diduga, kata dia, sumber api berasal dari hubungan arus pendek. Saat kejadian, pabrik penggilingan padi tersebut tidak sedang beroperasi.

Gunarto mengatakan tidak adanya alat pemadam api ringan (APAR) membuat warga kesulitan melakukan pemadaman. Sehingga, api sulit dikendalikan dan cepat merambat.

“Kita sudah beberapa kali mengimbau agar setiap tempat usaha, apalagi yang mudah terbakar untuk menyediakan APAR. Namun ternyata masih banyak yang tidak menghiraukan. Padahal sangat penting,” ujarnya.

Riesa (26), salah seorang warga mengatakan tidak ada yang mengetahui secara pasti dari mana sumber api berasal. “Warga baru tahu ada kebakaran setelah mendengar bunyi ledakan dan api sudah besar,” ungkapnya. (nay)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.