Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.4%

83.5%

5%

0.5%

9.5%

Pabrik Pengolahan Kayu di Kota Tasik Dilalap Api, 3 Anggota Damkar Malah Terbakar

2383
0

KOTA TASIK – Amukan si jago merah kembali terjadi di wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota, Minggu (20/10).

Informasi yang radartasikmalaya.com himpun, kebakaran ini terjadi di wilayah Indihiang, tepatnya di sebuah pabrik pengolahan kayu PT BKL (Bina Kayoe Lestari).

Namun, dalam kebakaran kali ini malah membuat 3 petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tasikmalaya (Dinas Damkar dan Satpol PP), mengalami luka bakar. Mereka adalah Kabid Damkar, Mulyono dan dua anggota Damkar.

Hal itu dibenarkan Petugas Damkar, Syamsudin yang juga saksi kejadian. “Komandan kami sendiri, Pak Kabid (Mulyono, Red) dan dua anggota kita dari regu tiga yang kebetulan beliau Danru (Komandan Regu) kami (yang mengalami luka bakar, Budi Permana) dan Pak Edi Rustandi,” ujar dia kepada radartasikmalaya.com.

Semula, kata Syamsudin, pihaknya menerima laporan bahwa terjadi kebakaran di lokasi pabrik pengolaha kayu itu pukul 13.20 WIB.

Lalu pihaknya langsung meluncur ke lokasi kejadian. “Kebakaran memang terjadi di dalam pabrik. Kronologis kecelakaan kerjanya kita sebut backdrap kalau di Damkar,” terangnya.

“Jadi, api mendadak membesar menyambar anggota kita. Ada sebagian yang terbakar, tapi yang paling parah 3 orang termasuk komandan kami sendiri. Yang terbakar di pabrik ini adalah serbuknya. Jadi serbuk kayu yang luar biasa sangat banyak sekali yang sampai malam pun kita masih berjuang memadamkannya,” sambungnya.

Dia menambahkan, untuk korban yang terbakar informasi dari Danrunya luka bakarnya sekitar 40 persen. “Dan saat ini sudah mendapatkan pertolongan di salah satu rumah sakit di Kota Tasikmalaya,” tambahnya.

Apa yang terjadi dengan tim Damkar ini dibenarkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasik, Ucu Anwar. Dia pun telah menjenguk mereka yang mendapatkan perawatan di

“Informasi yang saya dapat dari tim Damkar yang mengalami kecelakaan kerja ini terjadi sore harinya. Kebakarannya dari siang. Hingga sorr petugas Damkar melakukan pendinginan di lokasi,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengeringan PT BKL, Dani Krisnadi menandaskan, kebakaran ini sebenarnya terjadi sejak pukul 00.00 WIB Minggu (20/20) dini hari.

“Nah Minggu sore saat petugas Damkar sedang memadamkan api yang membakar serbuk kayu, tiba-tiba terjadi letupan dan menimbulkan api keluar (membesar) dan mengenai petugas Damkar,” tandasnya.

Jelas dia, memang benar dalam kejadian ini ada tiga petugas Damkar yang terbakar. 2 orang luka bakarnya parah, dan 1 orang luka bakarnya sedikit.

“Mereka yang terbakar langsung dilarikan ke rumah sakit. Saat ini (pukul 23.00 WIB berita ini dibuat) masih dilakukan pemadaman karena titik api masih terlihat,” jelasnya.

(rezza rizaldi / radartasikmalaya.com)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.