Pabrik Sepatu di Leles Garut Jadi Klaster Corona, 40 Pegawai Positif

49
0
radartasikmalaya.com
ilustrasi covid-19/ radartasikmalaya.com
Loading...

LELES – Salah satu pabrik sepatu di Kecamatan Leles menjadi klaster penyebaran Covid-19. Sedikitnya terdapat 40 karyawan yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari klaster pabrik tersebut.

Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut Yeni Yunita mengatakan berdasarkan data yang diterimanya, terdapat sekira 40 orang yang terkonfirmasi positif dari pabrik tersebut.

“Itu sudah beberapa hari yang lalu, sebelum tanggal merah pilkada,” kata Yeni kepada wartawan, Senin (14/12).

Menurut dia, hingga saat ini aktivitas di pabrik itu masih berjalan. Namun, penerapan protokol kesehatan di lingkungan kerja lebih ditingkatkan untuk mengantisipasi penyebaran. “Tapi tracing masih kita lakukan sampai sekarang,” terangnya.

Baca juga : Ini 6 Pejabat Garut yang Daftar Seleksi Sekda

Loading...

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Leli Yuliani mengatakan tak bisa memastikan sumber utama penyebaran Covid-19 di pabrik tersebut. Sebab, saat ini penularan Covid-19 sudah tak terkendali.

“Ini sudah transmisi komunitas, jadi tidak diketahui asalnya dari mana. Kita tidak bisa men-jugde itu berasal dari pabrik. Bisa saja dari luar,” ujarnya.

Ia menambahkan aktivitas di pabrik masih tetap berjalan lantaran karyawan yang terkonfirmasi positif Covid-19 hanya berasal dari satu bagian. Karenanya, menurut dia, tak perlu dilakukan penutupan aktivitas secara keseluruhan.

Meski begitu, pihaknya masih terus melakukan penelusuran kepada kontak erat di lingkungan pabrik tersebut. “Tracing kontak erat masih kita lakukan,” ujarnya.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut hingga Senin sore, total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di daerah itu berjumlah 2.798.

Sebanyak dua orang menjalani isolasi mandiri, 1.236 orang menjalani isolasi di rumah sakit 1.490 orang sembuh, dan 70 orang meninggal dunia. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.