Pagar Masjid Al Ikhlas Tergerus Longsor

201
0
ISTIMEWA LONGSOR. Bagian samping Masjid Al Ikhlas di Kecamatan Sukamantri longsor dan menimpa dua rumah di bawahnya Minggu (7/1).

CIAMIS – Pagar samping Masjid Al-Ikhlas di Kampung Cikerenceng Desa Mekarwangi Kecamatan Sukamantri tergerus longsor. Akibatnya, dua rumah di bawah masjid tertimpa material longsoran. Antara lain rumah milik H Sopandi (60) dan Mansur (50). Sementara rumah Yana (40) dan Narja (41) di dekat masjid juga terancam ikut tergerus.
Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya mengatakan bencana itu terjadi pada Minggu (7/1) pukul 16.00. Saat itu, hujan deras mengguyur wilayah tersebut dari sore sampai malam.
“Beruntung untuk kejadian itu tidak sampai terjadi korban jiwa. Hanya kerugian materil saja. Untuk evakuasi sudah dilakukan dengan menyingkirkan material yang menimpa rumah,” ungkap Ade saat ditemui di Mako Tagana, Jalan Tentara Pelajar, Ciamis Senin (8/1).
Dia menuturkan selama musim hujan sejumlah wilayah di Ciamis rawan diterjang bencana. Baik banjir, longsor, maupun puting beliung. Sebagian merupakan wilayah Ciamis utara. Seperti Kecamatan Panawangan, Panjalu, Panumbangan dan Sukamantri. Untuk itu ia mengaku selalu menyiagakan anggota 24 jam. “Kami mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, karena Ciamis utara termasuk zona merah rawan bencana,” imbaunya.
Yana (40), pemilik rumah di dekat Masjid Al Ikhlas mengaku khawatir rumahnya akan ikut tergerus longsor. Jarak rumah dengan titik longsor hanya sekitar satu meter. Rencananya, bila hujan turun ia akan mengungsi. “Karena masjid salah satu fasilitas umum, harap adanya bantuan agar bisa membikin proteksi tebing agar bisa digunakan lagi,” pintanya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.