Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
17%

83%

Pagelaran, Lestarikan Budaya dan Seni Sunda

254
0
Farih Maulana Sidik / Radar Tasikmalaya KOMPAK. Kepala SMPN 1 Sukarame Drs Jamaludin Malik MM (tengah) bersama peserta kegiatan Pagelaran Budaya Rabu (28/2).

TASIK – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Sukarame mengadakan Pagelaran Budaya di halaman sekolah Rabu (28/2). Kegiatan tersebut diadakan sebagai bentuk kepedulian terhadap budaya Sunda yang mulai ditinggalkan oleh generasi muda.
Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kesiswaan SMPN 1 Sukarame Dais Aisyah mengatakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya ini sebagai bentuk pelestarian terhadap seni dan budaya Sunda. “Dalam kegiatan tersebut peserta didik menampilkan berbagai kesenian dan makanan khas Sunda,” terangnya.
Yang lebih ditekankan adalah bagaimana permainan anak zaman dulu dikenal kembali. “Permainan yang sekarang susah ditemukan oleh generasi saat ini kita tampilkan, kita kenalkan kembali. Dengan harapan anak-anak sekarang bisa melakukan permainan tersebut, jadi tidak main gadget terus ya,” jelasnya.
Sementara itu, dalam kegiatan tersebut peserta yang menjadi penampil merupakan siswa-siswi kelas IX. Pagelaran tersebut melibatkan sembilan kelas dengan berbagai penampilan permaian budaya Sunda. “Orang tua siswa ikut berpartisipasi dalam penyajian makanan khas Sunda,” terangnya.
Kepala SMPN 1 Sukarame Drs Jamaludin Malik MM mengatakan kegiatan tersebut untuk melestarikan seni budaya Sunda yang saat ini sudah mulai luntur. Kegiatan tersebut juga sebagai wadah minat dan bakat siswa-siswi. “Selain kegiatan tersebut merupakan program sekolah, ini juga menjadi fasilitas bagi peserta untuk mengekprsikan dirinya lewat drama, pidato atau kesenian Sunda lainnya,” jelasnya.
Dia berharap kegiatan tersebut bisa dilaksanakan setiap tahunnya dengan berbagai pembaruan dan penyegaran konsep pelaksanaan. Selain itu, pihaknya berharap agar pelestarian seni dan budaya Sunda tidak hanya dilaksanakan di internal sekolah. Melainkan kegiatan tersebut bisa diperluas cakupannya hingga ke tingkat kabupaten. (mg3)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.