Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Beri Hadiah pada Babinsa Teladan ke Bali dan Yogyakarta

25
0
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional, Dr Aqua Dwipayana saat memberikan motivasi di Makodim 0612/ Tasikmalaya, Senin (15/02/21).
Loading...

TASIKMALAYA – Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana selama pandemi Covid-19, pada Senin (15/2/2021) untuk pertama kalinya melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di jajaran Kodam III/Siliwangi. Tepatnya di Kodim Tasikmalaya.

Di awal debutnya di wilayah Jawa Barat Dr Aqua langsung “menggebrak” dengan memberikan kejutan.

Hal tersebut membuat puluhan peserta di Kodim Tasikmalaya termasuk Dandimnya Letkol Inf Ary Sutrisno dan istrinya Fitri Ary kaget.

Dilanjutkan dengan tepuk tangan sebagai ungkapan turut gembira dari mereka atas hadiah yang diberikan mantan wartawan di banyak media besar tersebut.

“Sebagai apresiasi saya kepada tiga Bintara Pembina Desa (Babinsa) teladan di Kodim Tasikmalaya maka saya akan memberi hadiah jalan-jalan ke Bali untuk teladan pertama,” ungkap Dr Aqua.

loading...

“Sedangkan buat yang terbaik kedua dan ketiga ke Yogyakarta. Semuanya bersama istrinya. Akomodasi dan transpotasinya saya siapkan,” sambungnya.

Sebelum acara dimulai, Dr Aqua mendapat info dari Ary bahwa setiap tahun ada pemilihan Babinsa teladan. Untuk 2021 ini belum ditetapkan pilihannya.

Begitu mendengar dari Ary ada Babinsa teladan, Dr Aqua langsung berniat untuk memberikan hadiah kepada tiga Babinsa.

Niatnya itu disampaikan di awal Sharing Komunikasi dan Motivasi.

“Silakan Pak Ary sebagai Dandim yang memutuskan tiga Babinsa teladan. Saya setiap saat siap memberikan hadiah jalan-jalan ke Bali dan Yogyakarta ke mereka,” ujarnya.

“Khusus yang terpilih ke Yogyakarta bakal menjadi tamu kami sekeluarga. Mereka akan menginap di rumah kami selama berada di kota tersebut,” jelas Dr Aqua.

Kemampuan Komunikasinya Bagus

Hadiah kepada tiga Babinsa teladan sebagai apresiasi Dr Aqua kepada prajurit TNI Angkatan Darat yang selalu berada di garda depan.

Setiap hari mereka yang intens berkomunikasi dengan masyarakat. Mereka hadir mewakili institusinya.

Selama ini Dr Aqua menaruh perhatian besar kepada mereka.

Apalagi dari hasil kunjungannya ke Kodim-Kodim untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi melihat banyak Babinsa yang kemampuan komunikasinya bagus.

“Senjata utama para Babinsa untuk sukses melaksanakan tugas-tugasnya adalah pada kemampuan komunikasi mereka. Jika dapat melakukan komunikasi secara efektif dan komprehensif, ditugaskan di mana saja akan sukses,” papar Dr Aqua.

Menurut Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik itu komunikasi dapat dipelajari secara otodidak.

Tidak harus kuliah  Ilmu Komunikasi linear S1, S2, hingga S3 seperti dirinya. Terpenting dasarnya adalah rendah hati dan mau belajar pada semua orang.

Begitu mulianya tugas-tugas yang selama ini dilaksanakan para Babinsa, lanjut Dr Aqua sehingga mereka perlu diapresiasi.

Mudah-mudahan dengan hadiah jalan-jalan ke Bali dan Yogyakarta membuat mereka makin semangat untuk menunjukkan kinerja terbaiknya.

“Saya kagum pada Babinsa yang selama ini dalam bekerja tidak mengenal waktu. Setiap saat kalau ada masyarakat yang membutuhkan bantuan, mereka segera datang untuk membantu meskipun itu tengah malam atau dini hari,” ungkap Dr Aqua.

Motivator yang Jiwa Sosialnya Tinggi

Sebelumnya saat memberi sambutan pada acara Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan tema “Tetap Produktif dan Menghasilkan Kinerja Terbaik Pada Tahun 2021 Meski Masih Pandemi Covid-19”.

Dandim Tasikmalaya Letkol Inf Ary Sutrisno mengatakan, sangat beruntung bisa menghadirkan Dr Aqua di tengah jajarannya.

Sebab selama ini terutama saat pandemi Covid-19 jadwal doktor Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung itu padat sekali.

“Pak Aqua agendanya sangat padat terutama untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi. Selama pandemi Covid-19 banyak institusi yang mengundang beliau termasuk TNI,” jelas Ary.

Selain itu, lanjut Ary, Dr Aqua selama ini dikenal sebagai motivator yang memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Dari hasil penjualan buku _super best seller “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” karyanya, telah dipakai untuk berbagai kegiatan sosial termasuk membiayai umroh ratusan orang. Mulia sekali yang dilakukannya.

Ketika Ary masih menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri Raider 300/Raider Brajawijaya Kodam III/Siliwangi di Cianjur, sebelum jadi Dandim Tasikmalaya, sempat mengundang Dr Aqua untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan jajarannya dan Persit.

Waktu itu menjelang mereka penugasan ke Papua.

Saat acara Sharing Komunikasi dan Motivasi tiba-tiba Dr Aqua menyampaikan hadiah umroh ke salah seorang jajarannya.

Ketika itu ratusan orang yang hadir kaget. Sama sekali tidak menyangka mendapatkan hadiah tersebut.

“Seperti itulah Pak Aqua. Suka memberi hadiah secara tiba-tiba. Prajurit dan Ibu Persit yang mendapat hadiah pasti kaget campur senang,” Pungkas Ary sambil tersenyum. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.