Pameran Senjata Memikat Warga

96
0
KUNJUNGI. Masyarakat mengunjungi pameran Alutsista yang diadakan Polres Ciamis di Alun-Alun Ciamis, Minggu (23/6). IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA
Loading...

CIAMIS – Pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) yang diselenggarakan Polres Ciamis di Alun-Alun Ciamis menjadi daya tarik masyarakat, Minggu (23/6). Warga berbondong-bondong ingin tahu beragam senjata yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso SH SIK menerangkan pameran Alutsista itu untuk memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang alat-alat yang digunakan Polri dalam bertugas. Misalnya, alat sidik jari, senjata gas air bata, senjata serbu berupa AK dan V2 Sabhara, stun gun atau pistol strum, tameng, rompi antipeluru, rompi dalmas, helm, pentungan dan borgol. Bahkan, alat penanggulangan bencana seperti gergaji mesin dan perahu kayak juga ditampilkan. Ditambah lagi, mobil water cannon, mobil rescue, Inafis portable system, dan pendeteksi sidik jari canggih khusus mengidentifikasi korban tanpa identitas.

Alutsista tersebut sengaja ditampilkan dengan harapan memotivasi masyarakat agar tertarik masuk menjadi anggota Polri dan TNI. Dalam memeriahkan HUT Bhayangkara ke-73 itu juga ada deklarasi antikerusuhan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang diucapkan ulang masyarakat. Selain itu, ada sepeda santai bakti sosial (baksos) berupa cek kesehatan gratis dan bazar murah.

“Acara yang kita adakan dibalut dengan santai yang menyehatkan dengan sepeda bersama. Kami bersyukur antusias masyarakat tinggi serta mengharapkan sama-sama sekarang sampai kapan pun jaga Ciamis kondusif dan menjaga keamanan,” ujar dia.

Ujang (17), salah seorang warga mengaku sangat tertarik dengan kehadiran pameran Alutsista tersebut. Senjata-senjata yang dipertontonkan bisa dipegang dan dia pun menyempatkan berselfie di lokasi. Bahkan, dia tertarik untuk masuk menjadi anggota polisi. “Saya kelak kalau keluar SMA akan ikut coba-coba tes jadi polisi,” kata remaja asal Kecamatan Baregbeg ini.

Dudi (45), pengunjung lainnya menyatakan, tertarik mendatangi pameran tersebut lantaran selama ini dia hanya bisa melihat Alutsista kepolisian dari televisi. “Saya bisa pegang dan bisa bergaya berfoto pegang senjata api,” tutur warga Ciamis kota ini. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.