Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
17%

83%

Anak TK Diculik Pedagang Asesoris

Pamit Jajan, Yuma Menghilang

228
0
DIHIBUR. Yumazada Zaira (batik hijau) beserta ibunya Heaty Karani dihibur Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Anom Karibianto dan istri Dewi Anom (kerudung kuning) di Mapolres Selasa (8/10). Rangga Jatnika / Radar Tasikmalaya

TASIK- Membiarkan si kecil beraktivitas sendiri atau bersama teman sebayanya memang baik, untuk melatih anak mampu bersikap mandiri.

Namun orang tua perlu memberinya perhatian ekstra, agar lebih waspada dan membekali anak supaya mampu menjaga diri.

Selasa (8/10), Kota Tasikmalaya geger dengan diculiknya siswa Taman Kanak-Kanak (TK) bernama Yumazada Zaira (5), anak pasangan Dede Bisman dan Heaty Karani, warga Layungsari Kelurahan Nagarawangi Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya itu. Diketahui dibawa kabur oleh seorang pemuda asing, bernama Acep Ilham (28) tanpa sepengetahuan keluarganya.

Hal itu bermula sekitar pukul 07.30, ketika Heaty hendak mengantar Yuma ke TK. Namun Yuma pamit jajan ke warung untuk bekal. Setelah lebih dari setengah 15 menit anaknya tak kunjung kembali, dia pun menyusulnya ke warung.

Heaty tak menemukan anaknya di warung, pedagangnya pun mengaku Yuma tidak datang ke situ. Dia pun mencari dan menanyakan ke tetangga-tetangganya. Hasilnya, salah seorang warga ada yang melihat Yuma dituntun oleh seorang pemuda di Jalan Rumah Sakit dan naik angkutan umum.

Uwak Yuma, Pupun Purmayati (54) mengatakan Heaty langsung panik saat mendengar anaknya dibawa orang asing. Ditambah ada rekaman CCTV minimarket Jalan Rumah Sakit yang menunjukkan seorang pemuda berjalan bersama seorang anak yang diduga kuat adalah Yuma. “Langsung keluar nyari Yuma, belum pulang,” ungkapnya saat ditemui Radar di rumah korban.

Orang tua korban dan keluarganya langsung menyebarkan informasi orang hilang dengan mencantumkan foto Yuma melalui media sosial dan WhatsApps. Informasi itu pun dengan cepat menyebar di dunia maya dan disebarkan ulang warganet.

Pada informasi yang disebar, disebutkan beberapa ciri Yuma yakni menggunakan pakaian batik hijau, rambut pendek dengan dicantumkan foto terbaru Yuma. Keluarga juga membuat laporan anak hilang ke Polsek Cihideung.

Sekitar pukul 16.00, seorang pemuda diketahui menggendong anak melintas di perum BRP Kecamatan Cipedes. Salah seorang warga sekitar, Sinta Ria Rafiani merasa curiga, menurutnya anak yang digendong itu mirip dengan foto yang menyebar di media sosial.

Sinta pun memanggilnya pemuda tersebut untuk memastikan, namun pemuda bernama Acep Ilham langsung berjalan dengan cepat hingga hendak lari. Perempuan itu, langsung memberi tahu warga lain yang kemudian mengejarnya.

Kemudian, Acep Ilham berhasil ditangkap warga yang sempat memberinya bogem mentah. Dia lalu diamankan di sebuah rumah untuk menghindari amukan massa.

Beberapa saat sebelumnya, polisi mendapat laporan bahwa penculik bersama korbannya berada di sekitar Pul Bus Budiman. Namun warga yang melihatnya kehilangan jejak, meskipun sudah berupaya mengejarnya dengan bantuan ojek online. Akhirnya sang pelaku penculikan (Acep Ilham) didapati sudah diamankan warga di BRP.

Apalagi, jarak antara rumah tempat diamankannya Acep Ilham dan mobil patroli memang dekat, sekitar 10 meter. Tetapi banyaknya warga yang berkerumun membuat polisi kesulitan untuk menggiring pelaku ke mobil.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Anom Karibianto SIK me­ngatakan setelah mendapat laporan, pihaknya melakukan penyelidikan dan menyebarkan informasi orang hilang. Setelah mendapat informasi keberadaan pelaku, anggotanya pun datang ke lokasi untuk mengamankan. “Alhamdulillah korban sudah ditemukan dan pelakunya sudah kami amankan,” ungkapnya.

Anom belum bisa memberikan penjelasan lebih mendetail dari mulai modus dan motif pelaku. Pihaknya perlu melakukan penyidikan dengan memeriksa saksi termasuk pelaku. “Belum kita tetapkan sebagai tersangka, masih diperiksa,” ujarnya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.