PDI Perjuangan Bebas, Asal Sesuai dengan Aturan

PAN dan PKS Pilih Voting

167

SINGAPARNA – Partai pengusung Uu-Ade pada Pilkada 2015, PDI Perjuangan, PAN dan PKS memilih mekanisme penentuan wakil bupati (wabup) oleh DPRD dengan cara voting atau dipilih seluruh anggota dewan. Karena akan lebih terasa demokratis dan transparan.

“Jadi kalau dengan voting partai pengusung bisa mengusulkan dua nama hasil kesepakatan koalisi dan lebih terbuka. Berbeda dengan musyawarah mufakat yang hanya langsung ditentukan satu nama,” ujar Ketua DPD PKS Kabupaten Tasikmalaya Dadi Supriadi kepada Radar, Kamis (20/12).

Kata dia, jika menggunakan metode musyawarah mufakat dikhawatirkan nama yang diusulkan PAN dan PKS tidak bisa terakomodir. Karena hanya ditentukan satu nama berdasarkan kesepakatan bupati dan DPRD.

“Metode voting meminimalkan dorongan dan kepentingan lain dalam penentuan orang nomor dua di Kabupaten Tasikmalaya. Karena setiap anggota dewan mempunyai hak suara,” bebernya.

Hal senada dikatakan Ketua DPD PAN Kabupaten Tasikmalaya Daud Ripai. Menurutnya metode voting ini lebih sesuai dengan aturan atau mengakomodir hak partai pengusung dalam mengusulkan kadernya untuk mengisi jabatan wabup.

“Dalam aturan sudah jelas, bahwa partai pengusung harus mengusulkan dua nama calon wakil bupati untuk dipilih DPRD. Berarti mekanisme yang digunakannya harus metode voting,” jelasnya.

Terpisah, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya H Demi Hamzah Rahadian SH MH menyerahkan kepada DPRD terkait metode apa yang akan digunakan dalam penentuan wakil bupati pada sisa periode ini.

“Ya kalau PDI Perjuangan lebih netral. Semuanya kita serahkan kepada DPRD atas kesepakatan dengan partai pengusung dalam penentuan metode pemilihan wabup ini,” katanya.

Lanjut dia, PDI Perjuangan setuju apakah metode yang digunakan voting atau musyawarah mufakat. Dengan catatan semuanya tidak melanggar aturan.

“Karena siapa pun yang akhirnya terpilih menjadi wabup harus bisa diterima oleh semuanya. Dan prosesnya pun harus dihargai. Termasuk wabup nanti harus bisa membangun kerja sama yang baik,” katanya.(dik)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.