Pandemi Covid-19 & Bencana Jadi Kerawanan di Pilkada Kabupaten Tasik

86
0

SINGAPARNA – Dalam memastikan berjalannya tahapan Pilkada 2020 dengan aman, Desk Pilkada Kabupaten Tasik menggelar rapat koordinasi, Senin (16/11).

Dalam rakor tersebut dibahas kerawanan pilkada, sehingga dicarikan solusi untuk terselenggaranya pilkada yang aman dan damai.

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Tasikmalaya Hening Widiatmoko menjelaskan, rapat koordinasi bersama semua unsur terkait lainnya dilaksanakan, tujuannya untuk menciptakan komunikasi dan koordinasi yang baik satu sama lain untuk mewujudkan pilkada yang aman dan damai di Kabupaten Tasikmalaya.

“Terbangun koordinasi dan komunikasi baik antara pemerintah daerah, penyelenggara pilkada dan peserta dalam Pilkada Tasikmalaya. Bersama-sama mewujudkan pilkada yang aman terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Hening kepada wartawan di Setda Kabupaten Tasikmalaya.

Baca juga : Seluruh Pegawai & Anggota DPRD Kota Tasik di-Swab Test Massal, 2 Positif Corona

Menurut dia, apalagi pilkada serentak 2020 ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, sehingga kesehatan baik penyelenggara dan pemilih atau masyarakat harus dijamin agar tidak terjadi penyebaran virus sehingga merugikan semua pihak.

“Kami bersama bertanggung jawab agar jalannya pilkada aman dari risiko penularan Covid-19 ini. Kita bangun sinergi demi suksesnya pilkada tanpa ekses. Kita maksimalkan peran Tim Gugus Tugas Covid-19,” ujar dia.

Sekda Kabupaten Tasikmalaya sekaligus Ketua Desk Pilkada Mohamad Zen menambahkan, dalam rakor ini dibahas tentang persoalan untuk bagaimana memastikan pilkada di tengah pandemi Covid-19 ini berjalan aman dan sehat.

“Termasuk membahas soal rencana rapid test untuk penyelenggara pemilu baik petugas dari KPU atau Bawaslu. Kami dari desk pilkada sifatnya membantu penyelenggaraan termasuk menyiapkan penanganan cepat ketika ada agar petugas atau penyelenggara pemilu yang terpapar Covid-19,” jelasnya.

Dia menambahkan, bahwa kerawanan di Pilkada Tasik, bukan hanya dari pandemi Covid-19, melainkan dari bencana alam pun harus diantisipasi, karena kerawanan bencana cukup tinggi. P

ada intinya hasil rakor ini komitmen bersama semua unsur terkait sudah terjalin dan terbangun baik mewujudkan pilkada aman, damai dan sehat.

“Sudah terbangun baik, baik dalam penanganan Covid-19 atau penanganan bencana dan pascabencana. Semua kerawanan pilkada kita antisipasi, mudah-mudahan berjalan lancar,” tambah dia. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.