Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.2%

20.4%

8.1%

67.3%

Pandemi, UBSI Siap dan Terbiasa Terapkan e-learning

Buka PMB Gelombang Khusus Sampai 21 September 2020

109
0

TASIK – Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Tasikmalaya akan tetap memberikan pelayanan akademik optimal untuk mahasiswa di tengah pandemi ini melalui pembelajaran berbasis e-learning atau daring.

Bahkan, proses belajar mengajar lewat daring ini akan tetap diadakan meski pandemi Covid-19 berlalu.

Baca juga : UBSI Buka PMB Gelombang Khusus 3-21 September 2020

Rektor UBSI Dr Mochamad Wahyudi mengatakan, sebagai salah satu cyber campus, UBSI Kampus Tasikmalaya sangat siap menerapkan e-learning atau daring.

“Sebelum adanya pandemi Covid-19, UBSI Kampus Tasikmalaya telah menerapkan pembelajaran kuliah Tasikmalaya dengan cara daring atau e-learning. Hal ini, karena UBSI merupakan kampus berbasis digital,” kata Dr Mochamad Wahyudi, Kamis (10/9).

Lanjutnya, UBSI sudah sejak beberapa tahun lalu menerapkan pembelajaran daring atau e-learning dalam kegiatan perkuliahan. Jadi, ketika terjadi pandemi di tanah air, UBSI tidak kaget lagi untuk menerapkan pembelajaran daring atau e-learning tersebut.

Kuliah Tasikmalaya dengan sistem daring atau e-learning, kata ia, merupakan sistem pembelajaran berbasis online yang terhubung internet dengan didukung konten-konten dalam bentuk digital.

Laman e-learning UBSI dapat diakses di laman http://elearning.bsi.ac.id/ubsi/. Sedangkan pada aplikasi mobile dapat mengunduh aplikasi Moodle lalu memasukkan url laman e-learning UBSI.

Fitur e-learning UBSI dibagi menjadi dua. Pertama, mengajar berpusat pada mahasiswa secara online melalui email, blogs, diskusi online dan rekaman hasil seminar online.

Kedua, mengajar secara langsung dengan mahasiswa secara online melalui live webinar, pesan instan (WA/Telegram), video conferencing dan virtual classroom.

Ia menambahkan, langkah UBSI menerapkan pembelajaran daring atau e-learning lebih dulu dibandingkan perguruan tinggi lainnya karena UBSI selalu berupaya mencari terobosan baru dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

“Sekarang ini era revolusi 4.0 atau era digital, jadi sejak awal UBSI Kampus Tasikmalaya mencari terobosan atau berupaya untuk menyesuaikan pengelolaan manajemen dan akademik sesuai dengan era digital. Salah satu cara yang ditempuh adalah menerapkan pembelajaran daring atau e-learning,” papar dia.

Melalui e-learning, sambungnya, kampus UBSI memfasilitasi mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh untuk meningkatkan kualitas pendidikan berbasis online sehingga mencetak mahasiswa yang sukses dan berkompeten.

UBSI juga selalu mendukung dan mendorong para mahasiswanya untuk meraih prestasi dalam berbagai bidang, baik akademik maupun non-akademik.

Dengan adanya pandemi Covid-19, kata Wahyudi, mendorong UBSI untuk makin fokus menerapkan sistem perkuliahan secara daring atau e-learning.

“Kami mengajak para generasi muda atau kaum milenial untuk mendaftar kuliah di UBSI dan meresapi kuliah Tasikmalaya secara daring atau e-learning,” katanya.

Baca juga : Cetak Lulusan Bertalenta Digital, Kampus UBSI Tasikmalaya Jalin Sinergi dengan Orang Tua

Terlebih UBSI Kampus Tasikmalaya saat ini membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Gelombang Khusus pada 3 – 21 September 2020. Program Studi (Prodi) unggulannya Sistem Informasi.

“Gelombang khusus ini juga dibuka karena tingginya animo calon mahasiswa untuk mendaftar di UBSI Kampus Tasikmalaya,” pungkasnya. (rls)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.