Panen Padi Kabupaten Pangandaran Triwulan Pertama Memuaskan

224
0
MENJEMUR. Sejumlah petani di Kecamatan Pangandaran sedang menjemur gabah padi hasil panen tahun ini Selasa (26/3). (

PANGANDARAN – Panen padi di Kabupaten Pangandaran triwulan pertama tahun 2019 cukup memuaskan. Pasalnya hasil panen mencapai puluhan ribu ton.

Kasi Produksi Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Ghaniyy Fahmi mengatakan hasil panen di Kabupaten Pangandaran mencapai 57.427 ton, dari total lahan sawah seluas 16 ribu hektare.

”Alhamdulilah hasilnya cukup memuaskan, untuk masa panen triwulan pertama,” ujarnya kepada Radar, Selasa (26/3).

Untuk lama masa tanam padi di Kabupaten Pangandaran, lanjut dia, membutuhkan waktu selama tiga bulan. “Penanaman dimulai dari Oktober di lahan 665 hektare, bulan November di lahan seluas 4 ribu hektare dan Desember 2018 di lahan seluas 10 ribu kektare,” katanya.

Masa panen sendiri, kata dia, terjadi pada bulan Januari, Februari dan Maret. ”Yang paling banyak di bulan Maret, karena penanaman padinya cukup luas,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Ghaniyy, panen pada triwulan pertama tahun 2019, sangat kecil angka kerugian dan kegagalannya. ”Cuaca yang cukup mendukung, sehingga angka kegagalan sangat minim,” terangnya.

Ghaniyy berharap masa panen di Kabupaten Pangandaran bisa mencapai tiga kali di tahun ini. ”Walaupun ada kekhawatiran terjadi lagi musim kemarau yang panjang, karena hal itu sangat berdampak pada masa panen di Pangandaran,” ujarnya.

Salah seorang pe­tani di Pa­ngandaran Hu­sein (50) me­ngatakan panen ka­li ini dia bisa meng­hasilkan gabah hingga 4 kuintal.

”Mudah-mudahan saja produksinya meningkat lagi, kalau perlu ton-nan,” ucapnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.