Panen Perdana Padi Varietas 3S, Bulir Padi Lebih Banyak

232
0
PANEN. Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih bersama Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana dan perwakilan LPPM Institut Pertanian Bogor melakukan panen perdana padi varietas 3S Jumat (22/3).

BANJAR – Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih bersama Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana dan perwakilan Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan panen perdana padi varietas 3S di Dusun Leutik RT 30 RW 12 Desa Mekarharja Jumat (23/3).

Wali kota menuturkan penanaman padi varietas 3S merupakan kerja sama antara LPPM IPB dengan petani yang tergabung di Bumdes Mekarharja Pratama Desa Mekarharja. “Kita bisa lihat sendiri hasil padinya bagus dan panennya lebih cepat dari yang biasanya,” ujarnya.

Kata Ade, jenis bibit padi jauh berbeda dengan bibit padi pada umumnya. “Harapannya para petani bisa menggunakan bibit padi jenis ini untuk dikembangkan. Kita jadikan Banjar sebagai pelopor, sehingga kebutuhan pangan beras bisa terus meningkat, meski kita sudah surplus,” ungkapnya.

Kepala Desa Mekarharja Hendi Somantri menambahkan padi varietas 3S ditanam sejak 4 Desember 2018. Masa tanam sampai panen hanya mencapai 80-85 hari.Menurut dia, waktu itu lebih cepat.

“Peranakan dari bibit padi varietas 3S tidak banyak, tapi tiap batang padi bisa menghasilkan 364 butir. Jenis biasanya hanya 160 lebih,” jelasnya.

Hendi menambahkan hasil panen tidak langsung dijual ke masyarakat. Itu akan dijadikan kembali bibit yang nantinya dikelola oleh Bumdes. Lalu dari Bumdes dikembangkan untuk digunakan para petani. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.