Pangandaran Akan Bangun TPA Baru

231
0
BERSERAKAN. Sampah tercecer di Pantai Pangandaran, kemarin (7/7). Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya

PANGANDARAN – Kabupaten Pangandaran segera membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah baru, rencananya lokasi TPA itu terletak di Kecamatan Padaherang.

Kasi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran Abay Bayanullah mengaku sudah mengajukan pembanguna n TPA tersebut ke Satker Kementerian PUPR RI.

”Tanah yang tersedia ada di Bojongsari Kecamatan Padaherang, luasnya lima hektare lebih,” tuturnya kepada Radar, Minggu (7/7).

Menurut dia, tanah tersebut merupakan hibah dari masyarakat kepada Pemerintah Kabupaten Pangandaran. Totalnya, sebanyak 25 sertifikat tanah dari 15 orang. ”Pembangunan TPA ini untuk menginvetarisir kiriman sampah dari Kecamatan Mangunjaya dan Kalipucang,” jelasnya.

Untuk pembuatan DED baru, kata dia, akan dimulai tahun 2020, sedangkan pembangunannya tahun 2021. ”Jadi untuk survei dan lainnya baru dimulai tahun depan, untuk anggarannya sendiri belum diketahui berapa,” katanya.

Saat ini, kata dia, Pangandaran baru memiliki satu TPA yang terletak di Purbahayu Kecamatan Pangandaran. Sementara wilayah Pangandaran cukup luas dan jaraknya cukup jauh. ”Jadi sangat tepat jika di wialayah utara, dibangun kembali TPA,” katanya.

TPA Purbahayu, menurut dia, masih berdiri di tanah khas desa dan rencananya dilakukan tukar guling. ”Untuk daya tampung sampah, masih banyak lahan yang kosong,” jelasnya.

Selain TPA, Dinas LH pun mengajukan pembuatan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sementara di beberapa tempat. ”Untuk pembuatan DED-nya berbarengan deng TPA Padaherang,” kata dia mengakhiri. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.