Pangandaran Berseka Menjaga Sapta Pesona

302
0
PEDULI LINGKUNGAN. Relawan dan komunitas peduli lingkungan bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pangandaran usai kegiatan Bersih Pantai Kamis (24/5).

PANGANDARAN – Mewujudkan Sapta Pesona di kawasan objek wisata Pangandaran, Pemerintah Kabupaten Pangandaran menggalakan kegiatan Pangandaran Berseka. Kegiatan bersih-bersih pantai tersebut melibatkan berbagai instansi dan kelompok masyarakat.

”Pangandaran Berseka ini merupakan kegiatan opsih rutin setiap hari Jumat. Sesuai instruksi Pak Bupati untuk menjaga kawasan objek wisata Pangandaran tetap nyaman dan bebas dari sampah,” tutur Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Undang Sohbarudin kepada Radar, Kamis (24/5).

Dikatakannya, selain melibatkan SKPD, Pangandaran Berseka juga melibatkan berbagai elemen masyarakat, pelajar, komunitas hingga relawan.

“Menjaga lingkungan pesisir sangat penting, sehingga diharapkan seluruh elemen masyarakat ikut serta menjaga lingkungan tetap bersih,” ujarnya.

Bahkan, lanjutnya, Dinas Pariwisata dan Kabudayaan Kabupaten Pangandaran senantiasa menggalakan giat Berseka tersebut dengan melibatkan seluruh pegawainya.

“Semua dinas memiliki lokasi garapan masing-masing, untuk Dinas Pariwisata dam Kebudayaan lokasinya di sekitar panggung terbuka Pantai Barat Pangandaran,” ujarnya.

Memaksimalkan terciptanya pantai yang bersih, pihaknya juga membentuk Tim Khusus Sapta Pesona yang bergerak pro aktif dalam memberikan edukasi kepada para wisatawan.

“Tim Sapta Pesona ini tidak hanya membersihkan pantai tapi juga mrngedukasi wisatawan dan masyarakat untuk senantiasa menjaga keindahan pantai, membuang sampah pada tempatnya yang sudah di sediakan,” jelasnya.

Selain itu, Tim Khusus Sapta Pesona juga senantiasa memberikan pelayanan dari sisi menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan yang beraktivitas di pantai.

“Tugas mereka juga mengimbau wisatawan agar tidak berenang di lokasi berbahaya,” ujarnya.

Undang mengajak seluruh stakeholder ikut mensukseskan Pangandaran Berseka.

“Untuk meningkatkan sinegritas dan kepedulian dalam meningkatkan kunjungan wisata ke Pangandaran, mari bersama kita jaga keindahan pesisir pantai pangandaran, untuk Pangandaran Hebat dengan pariwisatanya yang mendunia,” tuturnya.

Gerakan Pangandaran Berseka diharapkannya terus berkelanjutan menjadi rutinitas dan budaya hidup bersih.

“Alhamdulillah respons masyarakat juga baik, saat ini para relawan serta masyarakat yang tergabung dalam komunitas seperti klub motor juga secara rutin melaksanakan giat bersih pantai, bahkan secara swadaya membuat tempat-tempat sampah,” ungkapnya. (nay)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.