Pangandaran Creative Space Ruang Kreativitas Kaum Muda

303
0
RUANG BERKREATIF. Pangandaran Creative Space menjadi tempat bagi kaum muda Pangandaran untuk menunjukkan kreativitas. NANA SURYANA / RADAR TASIKMALAYA

Kaum muda di Pangandaran memiliki tempat berekspresi. Namanya, Pangandaran Creative Space. Mereka bisa berolahraga, membaca dan melaksanakan pertunjukkan seni.

Pangandaran Creative Space menjadi ruang publik baru, wadah kreativitas dan sarana menggali ilmu bagi generasi-generasi muda di Pangandaran. Tempat ini merupakan bagian dari ruang terbuka hijau yang baru dibangun dalam program penataan kawasan beranda Pangandaran.

Dibangun di atas lahan eks puskesmas Pangandaran, Pangandaran Creative Space menjadi warna baru dari sejumlah taman-taman kota yang gencar dibangun di kabupaten bungsu di Jawa Barat ini.

Bangunan dua lantai tersebut didesain menjadi ruang serba guna. Di lantai atas, terdapat perpustakaan. Publik kapan saja bisa mengaksesnya. Kemudian ada ruang diskusi dan multimedia.

Sementara di lantai bawah terdapat ruang baca dan kafetaria. Itu menjadi tempat santai sekaligus sarana promosi produk-produk usaha mikro kecil dan menengah. Di sisi gedung terdapat ruang pertunjukan. Kemudian ada sarana untuk skateboarding dan lapang basket.

Bukan hanya sakedar taman kota, kawasan Pangandaran Creative Space menjadi salah satu ruang komunitas. Anak-anak muda di Pangandaran bisa melaksanakan aneka kegiatan di tempat tersebut.

Komunitas Rumah Plankton, sekelompok anak-anak muda pegiat literasi menjadi penggagas berdirinya Pangandaran Creative Space. Ide dan gagasan ini disambut baik pemerintah daerah.

Gayung bersambut dengan keinginan Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata yang sedang gencar menata Pangandaran.

Bupati Jeje berharap PCS menjadi sarana kreativitas dan ruang publik untuk masyarakat Pangandaran. Selain itu, juga menjadi tempat istirahat bagi wisatawan yang akan masuk ke objek wisata Pantai Pangandaran.

MEMBACA. Warga Pangandaran memilih buku di Pangandaran Creative Space Sabtu (6/7). Gedung ini dibangun di bekas Puskesmas Pangandaran. foto-foto : nana suryana / radar tasikmalaya

“Kita terus berbenah, Pangandaran Creative Space ini bagian dari penataan beranda depan Pangandaran, selain taman juga menjadi tempat berkreativitas masyarakat,” ujarnya.

Pengelolaan bangunan PCS, lanjut dia, sepenuhnya diberikan kepada komunitas. Dengan harapan dapat lebih maksimal pemanfaatannya.

Ketua Komunitas Rumah Plankton Andi Nuroni, menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Pangandaran.

“Tentunya kami sangat berterima kasih, khususnya kepada Pak Bupati yang sudah mendengar aspirasi kami dan langsung merealisasikannya, kami berharap tempat ini menjadi wadah bagi generasi muda untuk berkegiatan positif,” ujarnya.

Saat ini PCS belum sepenuhnya digunakan karena masih dalam tahap pembenahan. “Ruang baca sudah selesai, namun ada beberapa yang belum berjalan seperti kafetaria dan ruang multimedia karena masih kekurangan fasilitas,” ungkapnya.
Meskipun baru dibangun, PCS mulai dikenal, termasuk dari masyarakat di luar daerah.

“Baru-baru ini kami juga kedatangan tamu dari Dinas kearsipan dan perpustakaan Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, selain itu juga banyak mahasiswa dari luar daerah,” ujarnya. (nay)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.