Pangandaran Ingin Jadi Kabupaten Sehat

25
FOKUS. Sekda Pangandaran Mahmud SH MH (kiri) menghadiri verifikasi kabupaten/kota sehat di aula Setda Kabupaten Pangandaran Senin (5/2). (Deni Nurdiansah / radartasikmalaya.com)

PARIGI – Untuk pertama kalinya Kabupaten Pangandaran mengikuti verifikasi kabupaten/kota sehat. Tujuanya untuk mendapatkan pengharagaan Swasti Saba Padapa.

Sekda Kabupaten Pangandaran Mahmud SH MH mengatakan tim verifikasi tersebut berasal dari Provinsi Jawa Barat. Mereka akan menilai segala aspek yang berhubungan dengan kesehatan.

”Swasti Saba sendiri merupakan penghargaan untuk kabupaten/kota yang mampu melaksanakan pembangunan, bertumpu pada kemitraan pemerintah dengan masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan,” ucapnya saat memberikan sambutan, Senin (5/2).

Lanjut dia, masalah kesehatan itu juga berkaitan dengan isu lingkungan, fisik dan sosial. ”Terbagi menjadi beberapa tingkatan yaitu pemantapan, pembinaan dan pengembangan,” terangnya.

Menurut dia, kelayakan menjadi sebuah kabupaten sehat ketika tercapainya kondisi bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni. ”Tercapainya hal itu harus terintergrasi dan disepakati oleh masyarakat dan pemerintah daerah,” ujarnya.

Ketua Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Hasanudin mengatakan kedatangan mereka hari itu dalam rangka verifikasi administrasi Kabupaten Sehat.

”Saya sangat bangga, sebagai daerah bungsu di Jawa Barat, Pangandaran sudah mampu menyamai kota dan kabupaten lain,” terangnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.