Panglayungan Lakukan Kolaborasi Program

56
SEMANGAT. Tim Satgas Jawara ODF Menuju Saniman 2019 Kelurahan Panglayungan berfoto bersama Kepala PKM Panglayungan dan tim monitoring, Kamis (24/5). Siti Aisyah / Radar Tasikmalaya

CIPEDES – Satuan Tugas (Satgas) Jawara ODF 2019 Menuju Sanitasi Aman (Saniman) Kelurahan Panglayungan Kecamatan Cipedes mengelaborasikan program ODF dengan Kotaku.

Lurah Panglayungan Asep Kusna Wijya SH menerangkan terpilihnya Panglayungan menjadi Kelurahan ODF 2019 menjadi peluang untuk makin meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya saniman.

“Alhamdulillah sudah ada tiga RW yang sudah melakukan deklarasi ODF, di antaranya RW 5, 4 dan RW 2 dari 21 RW yang ada di Kelurahan Panglayungan,” tutur Asep dalam pertemuan dengan tim monitoring Jawara ODF 2019 Menuju Saniman, Kamis (23/5).

Silaturahmi tim monitoring ODF 2019 selain dihadiri tim satgas dan kelurahan juga dihadiri Kepala Puskesmas Panglayungan Drg Cecep M AR MM dan tim Kotaku.

Asep menuturkan di kelurahannya pemicuan sudah dilakukan dari sebelum satgas dibentuk, sehingga saat satgas dibentuk menjadi motivasi besar untuk membantu menyosialisasikan kepada masyarakat pentingnya menjaga kesehatan dengan tidak BAB sembarang. “Untuk program ODF ini kami melakukan kolaborasi program dengan Kotaku, di antaranya untuk pembangunan septic tank komunal yang akan dibangun di salah satu RW yang di Panglayungan,” katanya.

Dia juga mengatakan sosialisasi akan kembali dilanjutkan usai Ramadan nanti. Asep menegaskan juara memang bukan target utama, yang terpenting adalah kesadaran masyarakat dan mau berubahnya masyarakat. “Tentunya untuk menyukseskan program ini membutuhkan bantuan dan kerja sama semua pihak agar makin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang limbah BAB-nya ke sungai tapi ke septic tank,” ujarnya. (ais)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.