Panjang Jembatan Ciloa Akan Ditambah

61

CIAMIS – Fondasi Jembatan Ciloa di Dusun Ciloa Desa Handapherang Kecamatan Cijeungjing ambrol. Namun sampai Kamis (21/3), jalan di atas jembatan itu masih dilalui kendaraan. Tahun ini, rencananya jembatan itu akan diperbaiki. Panjangnya juga akan ditambah.

Muhammad Iskandar (70), warga sekitar menjelaskan Jembatan Ciloa menghubungkan Pamalayan ke Handapherang. Di bagian bawah jembatan itu dua hari ke belakang diketahui warga ambrol karena seringkali tergerus air. Selintas saat di lihat di atas, ambrolnya fondasi Ciloa tidak terlihat. Fondasi yang rusak itu terlihat dari pinggir sebelah barat jembatan.

“Saya mengetahui dua hari ke belakang sewaktu membetulkan saluran air ke kolam. Makanya secara inisiatif membikin rambu-rambu darurat pakai bambu dan karung bekas di sebagian jalan, “ ujar Iskandar. “Harapan bisa adanya perbaikan secepatnya oleh pemerintah,” tuturnya berharap.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Ciamis H Okta Jabal Nugraha ST melalui Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Aris Taufik menjelaskan September 2018, masyarakat mengusulkan perbaikan Jembatan Ciloa. Tahun ini, secepatnya jembatan itu akan diperbaiki.

“Kita ketahui memang kondisi bagian bawah jembatan konstruksinya lama ditambah tergerus air sungai juga hingga tergerus terus,” kata Aris.

Dia mengimbau agar Jembatan Ciloa jangan sampai dilalui truk dengan tonase berat. “Untuk itu mari ke depannya harus bersama-sama memeliharanya,” paparnya. Saat nanti diperbaiki, Jembatan Ciloa yang kini memiliki panjang 5 meter akan diperpanjang menjadi 6 meter. Sedangkan lebarnya lima meter. “Jembatan (Ciloa) itu menjadi prioritasnya (perbaikan, Red),” ujarnya. (isr)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.