Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.8%

8.8%

2.4%

26.3%

2.6%

49.9%

0.1%

9.1%

0%

Panorama Indah yang Tersembunyi di Candi Borobudur, Magelang

53
0
Candi Borobudur

Magelang memang kota kecil dengan wilayah yang berbatasan dengan Kota Yogyakarta sebelah utara. Namun tahukah Anda bahwa Magelang memiliki keajaiban yang tersembunyi di kawasannya? Keajaiban itu bernama Candi Borobudur.

Candi ini adalah tempat ibadah umat Buddha yang dahulu dibangun oleh Dinasti Syailendra. Meskipun dahulu ilmu matematis untuk menghitung arsitektur bangunan belum ada, namun setiap detailnya akan membuat siapapun yang datang geleng-geleng kepala.

Hal itu dikarenakan setiap ukuran baruan hampir sama padahal belum ada alat canggih seperti pada zaman sekarang. Tak heran kalau keagungan Candi Borobudur yang berdiri kokoh selama ratusan tahun ini dinobatkan sebagai salah satu keajaiban dunia.

Cerita Candi Borobudur

Candi Borobudur diambil dari 2 kata bahasa sansekerta yaitu “bara” yang artinya biara atau tempat ibadah dan “beduhur” yang artinya “di atas”, jadi jika kata bara dan beduhur disatukan menjadi borobudur akan memiliki arti candi yang berada di atas bukit atau lebih tepatnya tempat ibadah di atas bukit.

Bangunan candi ini dibangun sekitar pada abad ke-7 dimana manusia belum mengenal membaca dan menulis. Candi Borobudur memiliki 72 stupa yang bentuknya mirip dengan lonceng.

Ada satu stupa yang berukuran paling besar terletak di puncak candi, sisanya stupa kecil yang didalamnya terdapat patung dewa Buddha. Menurut cerita legenda penduduk sekitar, siapapun yang bisa memegang jempol tangan dewa Buddha akan dikabulkan permintaanya.

Candi ini memiliki 3 tingkatan tangga. Tingkatan bawah disebut dengan tingkat kamadhatu yang menggambarkan kehidupan manusia yang menyedihkan karena penuh nafsu duniawi.

Di tingkat satu ini terdapat 160 relief yang setiap cerita relief menggambarkan hinanya tingkah laku manusia seperti mencuri dan akibat yang akan diperoleh. Tingkat kedua disebut dengan tingkat rupadhatu yang mencerminkan manusia telah lepas dari hawa nafsu duniawi.

Tingkat ini ada sekitar 1.300 relief dan 328 patung Buddha yang menceritakan pertemuan jiwa manusia dengan dewa mereka. Sedangkan tingkat ketiga disebut dengan tingkat arupadhatu yang menggambarkan rumah Tuhan yang agung.

Di puncak ini tidak ada relief atau patung Buddha lagi karena yang ada adalah stupa besar lambang tThan yang agung dan pantas dipuja karena kesempurnaannya.

Akses dan Lokasi

Candi Borobudur sangat strategis sekali tempatnya, tetapi Anda harus masuk dan berjalan kaki untuk sampai ke candi yang megah ini. Hal ini karena kendaraan tidak diizinkan masuk hingga pelataran candi.

Jika Anda dari arah selatan (Yogyakarta), Anda dapat langsung saja menuju arah utara hingga mendapati tugu perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta kemudian menuju tugu persimpangan tiga arah Anda dapat belok kiri dan lurus.

Kendaraan roda 2, 4 atau bus bisa masuk ke jalan yang sudah beraspal mulus ini, tidak perlu khawatir kehabisan bensin karena sudah ada pom mini di sekitar tempat wisata candi.

Lokasi pastinya bisa Anda cari di aplikasi maps dengan memasukkan tujuan ke Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Selama masuk menuju candi akan ada candi tunggal yang menanti untuk Anda foto.

Keberadaan candi Buddha ini memang sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara maka tidak heran candi ini banyak turis berkunjung. Anda bisa juga mengasah kemampuan berbahasa inggris disini karena banyak lulusan SD yang menjual aksesoris candi ini mahir berbahasa inggris.

Tiket

Tiket masuk ke Candi Borobudur ini untuk dewasa sekitar Rp. 40 ribuan sedangkan anak-anak sekitar Rp. 20 ribuan. Namun, jika mengendarai mobil untuk ke candi Anda akan dikenakan ongkos parkirnya seharga Rp. 15 ribu sampai dengan Rp. 20 ribu. Sedangkan untuk bus, akan dikenakan tarif sekitar Rp. 30 ribu.

Wahana

Wahana yang ada di candi ini memang tidak banyak, hanya untuk kalangan anak-anak saja seperti ayunan karena dikhawatirkan jika terlalu banyak wahana akan merusak tekstur tanah. Di sekitar area candi ada fasilitas mushola, kamar mandi, pusat informasi turis, tempat menginap, toko souvenir dan oleh-oleh. (*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.