Pantai Karangtirta Tempat Menenangkan Diri

237
0
KARANGTIRTA. Wisatawan bisa menikmati objek wisata Karangtirta di Sidamulih Kabupaten Pangandaran.
KARANGTIRTA. Wisatawan bisa menikmati objek wisata Karangtirta di Sidamulih Kabupaten Pangandaran.

PANGANDARAN – Pesona wisata Pangandaran tidak ada habisnya. Mulai pantai, sungai, gua hingga muara, semuanya ada di daerah selatan Jawa Barat ini.

Salah satu keindahan yang bisa dinikmati adalah muara sungai dan Pantai Karangtirta. Letaknya di Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih. Jarak tempuh dari Pangandaran menuju lokasi sekitar 7 kilometer.

Jarak dari jalan utama menuju lokasi hanya kurang dari 1 kilometer. Akses jalannya sudah bagus. Sepanjang perjalanan kita bisa menikmati rindangnya pepohonan. Selain itu kita juga bisa menjumpai beberapa tambak kepiting milik warga.

Di sana juga banyak dijumpai warung milik warga. Berjejer hampir di sepanjang jalan. Jadi tidak usah khawatir bagi wisatawan yang doyan kuliner, karena di Karangtirta banyak tempat untuk makan.

Di daerah ini juga bisa dijumpai banyak pohon kelapa, sehingga masyarakat sekitar banyak yang menjadi petani air nira kelapa. Para wisatawan bisa menyaksikan langsung pengambilan dan pengolahan nira kelapa.

Baca Juga : Berpetualang di Sungai Ciwayang

Kemudian kita bisa menyaksikan keindahan laguna di Karangtirta. Apa itu laguna?

Laguna adalah sekumpulan air asin yang terpisah dari laut oleh penghalang yang berupa pasir, batu karang atau semacamnya. Jadi, air yang tertutup di belakang gugusan karang (barrier reef) atau pulau-pulau atau di dalam atol.

Laguna di Karangtirna terhampar luas. Kita bisa melihat dari ujung timur hingga ke barat. Bahkan kita bisa menaiki perahu mengarungi laguna itu.

Selain itu wisatawan juga bisa menyaksikan langsung orang- orang memancing atau menangkap ikan di sana. Baik menggunakan joran atau jodang (sejenis jaring ikan berukuran besar).

Untuk jodang sendiri, kita bisa melihatnya berjejer di sepanjang muara ataupun laguna. Biasanya masyarkat sekitar mengangkat jodang tersebut beberapa jam sekali, untuk memastikan apakah ada ikan yang nyangkut atau tidak.

Setelah puas menikmati pemandangan laguna dan muara, wisatawan juga bisa menikmati keindahan Pantai Karangtirta, yang hanya terhalang oleh tumpukan pasir.

Baca Juga : Berpetualang di Sungai Ciwayang

Warga setempat, Kuswandi (36) mengatakan, masyarakat biasanya ramai-ramai mencari kerang dan ikan di Muara Karangtirta.

”Pengunjung juga bisa ikut nyebur mencari kerang kalau mau,” ujarnya kepada Radar, Sabtu (22/2).

Menurut dia, objek wisata Karangtirta memang sudah lama tidak terurus atau sejak Tsunami pada tahun 2006.

”Tapi jangan salah, di sini juga ada penginapan,” ujarnya.

Kawasan Karangtirta sering dikunjungi oleh warga sekitar untuk sekadar botram.

”Tempat ini memang cocok untuk sekadar ngaliwet,” ucapnya.

Warga lainnya, Hendar (23) mengatakan bahwa Karangtirta merupakan tempat yang pas untuk menenangkan diri dari segala aktivitas.

”Tempat ini sangat adem, apalagi kalau di sore hari,” ucapnya. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.