Pantai Pangandaran Dibiarkan Kotor

357
0

PANGANDARAN – Cuaca buruk yang melanda sejumlah daerah di pesisir Pulau Jawa dan Sumatera berdampak terhadap kunjungan wisatawan di Pangandaran. Aktivitas pengunjung sepi. Sementara sampah dari laut berserakan terbawa gelombang.

“Kalau tamu (wisatawan) sih ada, di hotel dan penginapan kelihatan ramai. Tapi di pantai sepi, yang berenang sedikit. Memang anginnya agak kencang mungkin kurang nyaman,” tutur Maryati (52), salah seorang penyewa papan selancar kepada Radar, kemarin (3/12).

Menurut dia, angin kencang sudah dirasakan sejak tiga hari terakhir. Bahkan gelombang pasang sempat merusak beberapa perahu nelayan dan payung tenda milik pedagang. “Sabtu pagi air pasangnya cukup tinggi sampai ke tempat pendaratan perahu. Jadi ada beberapa yang rusak karena saling bertabrakan,” ujarnya.

Ia mengatakan sampah pantai juga mengganggu kenyamanan wisatawan. “Padahal kemarin kita baru bersih-bersih pantai, sekarang banyak lagi. Setiap kali pancaroba dan musim hujan memang banyak sampah terseret ke pantai. Ini sampah dari sungai yang masuk ke laut,” tutur dia.

Dede (39), salah seorang anggota perahu pesiar juga merasakan dampak menurunnya aktivitas wisatawan di pantai. “Memang libur minggu ini lebih sepi. Padahal Jumat-nya libur. Mungkin karena banyak berita bencana di mana-mana,” ungkapnya.

Meskipun angin cukup kencang, namun menurutnya kondisi pantai masih aman dan kondusif untuk aktivitas wisata. “Memang anginnya terasa lebih kencang tapi masih aman. Gelombang juga sebenarnya kecil hanya karena pengaruh angin saja,” jelas dia.

Loading...

Ia pun mengaku harus berkali-kali meyakinkan pengunjung untuk bisa menikmati wisata bahari. (nay)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.