Watford vs Arsenal

PANTANG ANGGAP ENTENG

7
Unai Emery

WATFORD – Arsenal akan melawat ke markas Watford dalam lanjutan kompetisi Premier League 2018/19, Selasa (16/4). Lawan yang akan dihadapi The Gunners-julukan Arsenal-bisa jadi akan menjadi batu sandungan untuk bertahan di posisi empat atau zona Liga Champions.

Saat ini, kekuatan Watford tidak bisa dipandang sebelah mata. Tim ini lolos ke final FA Cup untuk menantang raksasa Manchester City. Watford lolos ke final dengan kemenangan 3-2 lewat extra time atas Wolverhampton di semifinal. Watford menyisihkan Wolves berkat dua gol Gerard Deulofeu dan satu gol penalti Troy Deeney.

“Mereka adalah sekumpulan pemain yang punya semangat tinggi. Kami harus berhati-hati, apalagi mereka bermain di hadapan suporter mereka,” kata pelatih Arsenal Unai Emery di situs resmi klub.

Watford memang patut diwaspadai. Pasukan Javi Garcia itu memenangi tiga laga kandang terakhirnya di Premier League. Everton sukses dipermalukan dengan skor 1-0, demikian juga dengan Leicester City yang disiksa dengan skor 2-1. Fulham lebih parah, mereka menyerah 1-4.

Arsenal juga patut mewaspadai dua pemain Watford yang sedang dalam top perform, Deulofeu dan Deeney. Deulofeu mengukir 6 gol dan 2 assist dalam 8 penampilannya yang terakhir. Sedangkan Deeney menyumbang 5 gol dan 3 assist dalam 8 penampilan terakhirnya untuk Watford di semua kompetisi.

Di atas kertas, Arsenal sejatinya lebih unggul dibandingkan sang tuan rumah. Di pertemuan pertama Premier League musim ini, Arsenal menggulung Watford di Emirates Stadium dengan skor 2-0. Dua gol itu disumbangkan Mesut Ozil dan gol bunuh diri Craig Cathcart.

“Kami dalam kondisi yang baik. Setiap laga di sisa liga ini sangat penting artinya bagi kami. Kami harus fokus untuk meraih kemenangan untuk menjaga posisi kami,” kata Emery.

Melawat ke markas Watfort, Arsenal dalam kondisi psikologis yang positif. Pierre-Emerick Aubameyang dan kawan-kawan baru saja menyikat Napoli di leg pertama babak perempat final Europa League dengan skor 2-0. Dua gol Arsenal dipersembahkan oleh Aaron Ramsey dan bunuh diri Kalidou Koulibaly.

Dengan tambahan golnya ini, Ramsey tercatat mengukir 3 gol dan 1 assist dalam 7 penampilan terakhirnya untuk Arsenal di semua kompetisi. Kemungkinan besar, Unai Emery akan mengandalkan Ramsey dalam laga di Vicarage Road nanti.

Namun demikian, Emery wajib berhati-hati karena mereka memiliki catatan yang kurang bagus dalam laga tandang. Arsenal hanya menang dua kali dalam 12 laga tandang terakhirnya di semua ajang. The Gunners mencatat dua kemenangan, tiga kali seri dan 7 kali kalah. Dalam dua laga tandang terakhirnya di Premier League, Arsenal bermain imbang 1-1 melawan Tottenham Hotspur dan kalah 0-1 lawan Everton.

Secara histori, skuat asuhan Unai Emery masih lebih unggul atas lawan mereka. Dari lima pertemuan terakhir kedua tim, The Gunners mampu mengamankan tiga kemenangan, meski dua laga sisa adalah milik Watford.

Emery akan berharap banyak dengan mesin gol Pierre-Emerick Aubameyang yang telah mengoleksi 17 gol di sepanjang musim ini. Dia bakal bahu membahu dengan Alexandre Lacazette yang merupakan pencetak gol tersubur kedua Arsenal.

Watford sendiri dikabarkan akan tampil tanpa bek kiri mereka, Jose Holebas, yang telah mencetak tiga gol dan enam assist di musim liga ini. Cedera hamstring adalah alasan mengapa pemain Yunani itu, akan diistirahatkan dari laga ini.

Duo gelandang andalan, Domingos Quina dan Tom Clerley, yang masing-masing punya masalah dengan cedera bahu dan paha, sudah dipastikan tidak akan tampil membela timnya. (ruf/fin/wsa)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.