Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.1%

88.5%

3.1%

0.3%

5.9%

0%

1%

0%

Panwas Klarifikasi Keterlibatan ASN

143
0

CIAMIS – Ketua Panwaslu Kabupaten Ciamis Uce Kurniawan mengaku kembali menerima laporan tentang keterlibatan aparatur sipil negara (ASN) dalam Pilkada serentak. Ada dua ASN yang dilaporkan.

Namun, Uce tidak menyebutkan namanya. Dia mengaku masih melakukan klarifikasi untuk memastikan kebenaran laporan tersebut. “Yang jelas siapa pun yang melakukan pelanggaran, baik dari nomer urut satu atau dua, bila adanya laporan akan kita tindaklanjuti sesuai aturan. Tentunya perlakuannya akan sama,” ungkapnya saat ditemui di kantornya Selasa (22/5).

Sampai saat ini, kata dia, secara keseluruhan Panwaslu telah menerima kurang lebih lima laporan pelanggaran Pemilu oleh ASN. Termasuk laporan terbaru tentang dua ASN tersebut. Dari lima laporan itu, ada tiga ASN yang telah menjalani proses.

Mereka telah diajukan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk penentuan sanksi.

Satu diantaranya telah diputuskan sanksinya. Yakni harus mengumumkan di hadapan publik bahwa dia telah melanggar kode etik ASN atau melakukan kesalahan. “Untuk dua ASN lagi kita menunggu penandatanganan dari KASN bentuk sanksinya apa. Masih menunggu,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, ada satu ASN yang prosesnya telah sampai ke pengadilan. “Memang karena ulahnya sendiri. Bukan karena kami memaksakan untuk diproses,” tandasnya.
Uce pun mengingatkan agar ASN kembali kepada tupoksinya untuk melayani masyarakat. Jangan ikut melakukan kampanye, atau pun menyatakan dukungan kepada salah satu pasangan calon secara terbuka. Karena, tidak diperbolehkan dalam aturan. “Intinya, diam. ASN atau kades tidak boleh kampanye,” pungkasnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.