Panwaslu Gandeng Tokoh Lintas Agama

147
0
IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA FOTO BERSAMA. Ketua Panwaslu Ciamis Uce Kurniawan SPdI (tiga kiri) berfoto bersama para tokoh lintas agama di kantornya Selasa (5/12).

CIAMIS – Panwaslu Kabupaten Ciamis mengumpulkan tokoh lintas agama di Sekretariat Panwaslu, Jalan Muhamad Dahlan Nomor 35, Ciamis Selasa (5/12). Diantaranya Islam, Konghucu, Katolik dan Protestan.
Ketua Panwaslu Kabupaten Ciamis Uce Kurniawan SPdI mengatakan pertemuan itu digelar untuk mengajak para tokoh agama bersama-sama mengawal jalannya Pilkada dan Pilgub tahun 2018. Dalam pertemuan itu, semua tokoh agama sepakat akan mengawasi jalannya pesta demokrasi tersebut. “Komunikasi lintas agama ini awal yang baik bagi kami dalam pengawasan partisipatif untuk Ciamis aman dan kondusif,” ujar Uce usai pertemuan kemarin, pukul 10.00.
Semua tokoh agama, kata dia, sepakat untuk mengawal Pilkada serta Pilgub 2018 serta tidak saling memojokan satu sama lain menggunakan isu SARA –Suku, Agama, Ras dan Antar golongan– untuk kepentingan kampanye. Tindakan itu merupakan pelanggaran dan bisa dikenakan pidana. “Makanya peran serta tokoh lintas agama inilah yang bisa mengingatkan dan merang keras kampanye menggunakan isu sara itu,” tegasnya.
Tokoh lintas agama ini, kata dia, akan berperan aktif dalam pengawasan pemilu dengan melaporkan setiap temuan pelanggaran di lapangan. Dia berharap tokoh lintas agama dan Panwaslu dapat bekerja sama untuk saling mengingatkan. Mereka juga diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada 2018.
“Sejauh ini, kami belum bisa memproses apapun pelanggaran, karena ada waktunya. Pada Januari, baru Panwaslu akan melek dimana-mana melakukan pengawasan di pemilu selama 24 jam,” pungkasnya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.