Panwaslu Temukan Pelanggaran Kampanye

192
0
Loading...

BANJAR – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Banjar menemukan beberapa dugaan pelanggaran administrasi selama kampanye Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot).

Panwaslu pun menyerahkan rekomendasi ke KPU Kota Banjar terkait temuan itu, Senin (16/4/2018).

“Kita tunggu KPU untuk menindaklanjuti rekomendasi dari Panwaslu. Apabila tidak ditindaklanjuti, kita (Panwaslu, Red) akan berkoordinasi dengan Satpol PP untuk menertibkan alat peraga kampanye,” ujar Ketua Panwaslu Kota Banjar Irfan Saeful Rohman SHI usai rapat koordinasi dengan KPU.

Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Muhklis SPdI mengatakan, usai mendapatkan rekomendasi dari Panwaslu pihaknya segera mengirimkan surat ke masing-masing tim kampanye pasangan calon.

“Kita perintahkan tim kampanye untuk menurunkan atau menarik APK yang terindikasi melanggar, sesuai rekomendasi dari Panwaslu,” jelasnya.

Loading...

Menurut dia, berdasarkan PKPU Nomor 4 tahun 2017 tentang kampanye pasal 76 ayat 1 pelanggaran atas larangan ketentuan alat peraga kampanye (APK) dikenakan sanksi huruf a peringatan tertulis atau huruf b perintah penurunan APK dalam kurun waktu 1×24 jam.

Dalam ayat 2, apabila partai politik atau gabungan parpol, pasangan calon, tim kampanye tidak melaksanakan yang dimaksud pada ayat 1 maka Bawaslu Provinsi, Panwaslu Kabupaten/Kota, Panwascam berkoordinasi dengan Satpol PP untuk menurunkan alat peraga kampanye (APK) yang terindikasi melanggar. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.