Para Caleg Harus Siapkan Mental Sejak Awal

61
0
HADIRI. Wakil Wali Kota Tasikmalaya H Muhamad Yusuf menghadiri kegiatan Pemilu Run di Bale Kota Tasikmalaya, Minggu (8/4).

Para caleg yang akan bertarung di Pemilu 2019 harus mempersiapkan mental menerima hasil apapun dari pesta demokrasi tersebut. Sebab tekanan psikologis sangat mungkin terjadi dan memberikan dampak kepada kesehatan.

Psikolog Tasikmalaya Rikha Surtika D MPsi mengatakan potensi gangguan psikologis bagi peserta Pileg yang kalah sangat mungkin terjadi. Hal ini biasanya dilatarbelakangi ambisi kemenangan berlebihan.

“Biasanya terjadi pada orang yang memang tidak siap kalah,” ungkapnya kepada Radar, Senin (8/4).

Tekanan psikologis, kata Rikha, bukan hanya soal materi yang sudah dikeluarkan atau hilang. Ada sebagian orang yang memiliki kepribadian sangat sensitif dalam menyikapi tujuan yang tidak tercapai.

“Bisa saja ada orang yang depresi setelah mendapatkan kekalahan, padahal materi yang dikeluarkan tidak seberapa,” tuturnya.

Namun demikian, persoalan materi yang dikeluarkan lebih berpotensi memberikan tekanan. Pasalnya tidak sedikit caleg yang menjual aset yang dimiliki atau melakukan pinjaman dengan jumlah besar. “Pengeluaran materi memang tidak bisa jadi patokan, tapi biasanya lebih besar pengaruhnya,” kata dia.

Rikha menyebutkan beberapa tingkatan tekanan psikologis dari mulai ringan sampai berat. Untuk yang ringan, biasanya gelisah dan susah tidur.

Sedang tekanan berat, tidak menutup kemungkinan terkena stroke. “Tekanan psikologis itu berpengaruh kepada kondisi kesehatan fisik juga,” katanya.

Cara mengantisipasinya, kata Rikha, sebaiknya para caleg mempersiapkan mental untuk menerima hasil pileg. Khususnya ketika mengalami kekalahan, terlebih dunia politik penuh dengan strategi yang tidak bisa ditebak.

“Akhirnya kembali lagi ke mental, siap tidaknya menerima apapun hasilnya nanti,” pungkasnya. (rga)

Video Pilihan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.