Para Kepala Dinas, Bendahara & Pengusaha Travel Diperiksa Kejaksaan Kota Banjar, Dugaan Korupsi Apeksi..

1920
0
Jonathan Suranta Martua
Jonathan Suranta Martua

BANJAR – Kejaksaan Negeri Banjar terus mendalami kegiatan Apeksi tahun 2019 di Semarang Jawa Tengah. Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Kota Banjar Jonathan Suranta Martua mengatakan sejumlah orang telah diminta keterangannya soal penggunaan anggaran Apeksi.

“Kita terus mendalami kasus ini. Sejumlah keterangan sudah kita kumpulkan dari mulai bendahara, seluruh kepala dinas yang terlibat Apeksi, juga pihak travel,” kata Jonathan Selasa (11/8). Ia mengatakan penyelidikan dilakukan terkait pertanggungjawaban penggunaan anggaran Apeksi yang dikumpulkan dari setiap dinas dan kelurahan.

Kegiatan untuk Apeksi tidak dianggarkan Bagian Tata Pemerintahan saat itu, sehingga untuk mengikuti kegiatan tersebut biaya operasional dibebankan kepada masing-masing OPD dan dikumpulkan satu pintu oleh panitia pelaksana. “Sekarang masih melengkapi keterangan dan bukti-bukti,” katanya.

Sebelumnya, seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD), lurah serta camat Se-Kota Banjar dipanggil pihak Kejaksaan. Pemanggilan serentak itu untuk menggali informasi soal penggunaan anggaran Apeksi.

“Ya semua OPD, lurah dan camat Se-Kota Banjar dipanggil untuk dikonfirmasi terkait kegiatan Apeksi di Semarang tahun 2019,” ungkap Jonathan, Selasa (4/8).

Baca juga : Terkait Kesiapan Memulai Pembelajaran Tatap Muka, Disdik Kota Banjar Segera Koordinasi dengan Sekolah

Penggilan ke kantor Kejaksaan Banjar itu diakui Kepala Dinas Pemuda Pariwisata dan Olahraga Kota Banjar Nana Suryana. Dirinya mengaku diminta keterangan terkait pelaksanaan Apeksi di Semarang tahun 2019.

“Pelaksaaan kegiatan di Semarang. Untuk hotel dan perjalanan naik bus yang bayarkan bendahara. Anggaran Apeksi-nya ada SPPD dari dinas. Tapem tidak membiayai. Biaya diserahken ka OPD yang berangkat,” kata Nana.

Kepala Dinas Sosial P3A Kota Banjar Asep Tatang Iskandar juga mengaku dimintai keterangan soal keberangkatannya dalam kegiatan Apeksi di Semarang. “Keikutsertaan dalam kegiatan Apeksi. Bendahara nu ngalesreskeun, abdi mah kantun angkat,” kata Asep Tatang.

Kepala Bappeda Kota Banjar Agus Nugraha juga menjelaskan hal sama soal kedatangannya ke kantor Kejaksaan Banjar. “Seputar penggunaan perjalanan dinas yang berkaitan dengan belanja perjalanan dinas pada kegiatan Apeksi di bulan Maret dan Juli 2019,” katanya. (cep)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.