Para Pemotor Trail Adventure Dituding Merusak Hutan Konservasi & Cagar Alam Garut

272
0
istimewa PASANG. Petugas dari BKSDA wilayah Garut memasang portal untuk menghalau motor trail masuk ke wilayah hutan konservasi.

TAROGONG KIDUL – Kepala Seksi Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) seksi V Garut, Dodi Arisandi menyayangkan aktivitas motor trail memasuki kawasan konservasi, baik cagar alam maupun taman wisata alam.

“Hampir setiap hari ada. Terutama yang paling ramai itu hari Sabtu dan Minggu,” ujar Dodi kepada wartawan Rabu (15/4). Kata dia, akibat masuknya motor trail, kawasan hutan menjadi rusak akibat terjamah.

Baca juga : 1 Pasien Corona Garut Pernah ke Banten

“Kita sudah mencoba pasang portal di beberapa titik agar tidak masuk kawasan konservasi baik di Cagar Alam maupun Taman Wisata Alam, tapi tetap diterobos,” katanya.

Kata dia, mengacu pada peraturan, jika masuk ke kawasan konservasi untuk kepentingan apapun harus menggunakan Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi). Semua itu sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan yaitu Perdirjen Perlindungan Hutan dan Pelestatian Alam No.P.7/IV-Set/2011.

Terkait kegiatan motor trail, menurut Undang-Undang 5 tahun 1990 pasal 19 dinyatakan bahwa setiap orang dilarang melakukan kegiatan yang dapat mengakibatkan perubahan terhadap keutuhan kawasan suaka alam dengan ancaman 10 tahun penjara dan denda paling banyak 200 juta. Hal ini yang tampaknya belum banyak dipahami atau cenderung diabaikan para pelaku atau pegiat motor trail.

Loading...

Baca juga : Ancam Membunuh, Pimpinan DPRD Garut Dilaporkan ke BK

“Kita persuasif saja, kita imbau para pemotor trail tidak masuk kawasan konservasi, kita akan segera keluarkan surat edaran kepada komunitas motor trail di Garut dan Bandung,” katanya.

Dody tadinya menyangka di tengah pandemi Corona aktivitas motor trail yang sebelumnya sudah menurun akan terus mengalami penurunan. Namun, kenyataannya lebih banyak. “Mereka ada yang dari Bandung dan Garut, masuk dari kawasan Kamojang, ada juga yang dari Leles kemudian keluar ke arah datar kumeli,” jelasnya. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.