Para Relawan Berjuang Bersihkan Sampah Bawaan

192
0
nana suryana / radar tasikmalaya BERSIHKAN. Para relawan saat membersihkan sampah yang terbawa banjir di bawah Jembatan Cikembulan kemarin.

PANGANDARAN – Sejumlah relawan dari Vertical Rescue Pangandaran, Tagana, Pusdalops PB dan SAR membersihkan material sampah banjir di bawah Jembatan Cikembulan kemarin (13/10).
Setiawan (38), anggota Vertical Rescue Pangandaran mengatakan para relawan tergerak untuk membersihkan sampah banjir yang terbendung akibat robohnya pipa besi milik PT Telkom.
“Banyak sekali sampah ranting-ranting yang mengendap di bawah jembatan. Kalau dibiarkan bisa menghambat aliran air,” ungkapnya kepada Radar.
Dia menerangkan sampah ranting-ranting pohon tersangkut di bawah jembatan. “Jumlahnya mungkin puluhan kubik. Ranting-ranting pohon itu terbawa arus sungai saat banjir beberapa hari lalu,” ujarnya.
Para relawan membersihkan sampah sungai tersebut dengan peralatan seadanya. “Kita kesulitan peralatan, ranting pohon sampai tersangkut di dasar sungai,” kata dia.
Ocid Sutan Abdul Rosid, Potensi SAR Kabupaten Pangandaran mengatakan sampah yang tersangkut di bawah jembatan bisa membahayakan jika sewaktu-waktu Sungai Cikembulan meluap. “Kalau tidak segera dibersihkan bisa-bisa sungai meluap ke pemukiman warga,” ujarnya.
Dia berharap masyarakat juga ikut tergerak untuk melakukan kerja bakti membersihkan material sampah banjir. “Sampahnya sangat banyak, tidak akam selesai sehari, butuh banyak tenaga,” ungkapnya. (nay)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.