Parenting Tingkatkan Pemahaman Didik Anak

459
0
ANTUSIAS. Peserta parenting saling memegang bahu rekannya dan saling memijat dalam seminar parenting di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya Dadaha, Kota Tasikmalaya Senin (20/11). Games bentuk berbuat terbaik dan ikhlas.

TASIK – Terbukanya kesadaran orang tua tentang memahami proses pertumbuhan dan perkembangan anak sangatlah penting. Untuk itu Taman Kanak-kanak (TK) Alphabet dan RA Alfathunisa, sekolah milik Yayasan Binekas Motekar Kota Tasikmalaya bekerja sama dengan Radar Training Center (RTC). Mereka melaksanakan seminar parenting di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya Senin (20/11).

Menjadi pemateri dalam seminar tersebut adalah fasilitator RTC. Yaitu Pancer Sajati dan Basuki Winoto MPSi. Selama materi, peserta diajak memahami bagian dan fungsi otak juga mengikuti simulasi dan ice breaking –yang dapat menjaga suasana gembira. Susana gembira sangat penting karena instrumen utama untuk memudahkan informasi tentang gambaran umum Neurosains terkait tumbuh kembang anak usia dini.

Menurut Basuki Winoto MPSi, saat mendidik anak, tidak cukup hanya menyerahkan pada lembaga pendidikan. Maka harus sinkron antara lembaga pendidikan dengan program orang tua. Tantangannya, orang tua kadang kurang mengerti program dan cara mendidik, maka perlu dikenalkan apa itu Neurosains berkaitan dengan penerapannya kepada anak.

Jadi, ketika orang tahu fungsi kerja syaraf otak melalui pelatihan ini, diharapkan ortu dapat memberikan pola asuh dan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan anak dengan berdasar fungsi kerja syaraf otak.

Kepala TK Alphabet Tasikmalaya Dewi Mariati menuturkan anak yang berkarakter baik lahir dari orang tua yang berkarakter baik. Orang tua sepantasnya menjadi Role Model, karena sekolah pertama anak adalah keluarga.
”Kami Alphabet sebagai lembaga pendidikan hanya berperan menstimulan semua aspek perkembangan anak baik dari akhlak mulia, kognitif, motorik, sosial emosional, moral agama, seni dan bahasanya. Namun ujung tombaknya adalah anak yang sholeh ditentukan dari pola pengasuhan anak,” terangnya Senin (20/11).

Seminar parenting yang dilaksanakannya, tuturnya, merupakan agenda rutin bersama orang tua siswa. Adapun tema parenting kali ini adalah Dahsyatnya Neurosians membentuk Karakter Anak.

”Semoga dengan orang tua memahami apa yang ada dalam sistem otak dan apa saja hormon yang berkembang sehingga Neurosains itu bisa membentuk karakter anak dapat membuka paradigma orangtua dengan pengasuhan yang baik. Jadilah orang tua zaman now yang ikhlas dan sabar mengasuh dan membesarkan anak-anak dengan mengharap ridho Allah,” tuturnya.

Dewi juga mengatakan kerja sama dengan Radar Training Centre membantu memfasilitasi seminar parenting dan bisa berbagi ilmu yang bermanfaat untuk orang tua untuk lebih siap membangun generasi rabbani di masa depan.
”Saya juga ingin masyarakat mengenal Radar Training Centre dan apa yang Alphabet lakukan bisa menginspirasi sekolah lain untuk mengadakan parenting, menyinergikan pendidikan di sekolah dan di rumah bersama orang tua,” ungkapnya.

Ketua Yayasan Binekas Motekar H Maulana juga menuturkan, seminar parenting bersama orang tua dari TK dan Kober Alfabet serta RA AlFatunnisa tersebut adalah untuk merubah pola pikir orang tua terhadap pola pengasuhan, pengertian dan tumbuh kembang anak. Karena selama ini terangnya informasi yang benar terkait pola pendidikan anak masih kurang.

”Intinya kita ingin dengan seminar ini dalam mendidik anak antara sekolah dan orang tua ada kesinkronan, ada kesamaan dalam mendidik apa yang diajarkan di sekolah dengan orang tua, sehingga target kita merubah mindset bahwa parenting ini minimal mereka lebih mengarahkan pola pendidikan yang benar kepada anak,” ujar Maulana.
Seminar parenting bersama orang tua TK dan Kober Alphabet serta RA Al Fatunnisa tersebut juga ada beberapa penampilan dari peserta didik diantaranya berbagai tarian. Hal ini untuk mengembangkan kreativitas peserta didik dan menjadi ajang evaluasi bagi orang tua terkait perkembangan anak. (ais)

Hj Ance Rosdiana SPd, Penilik PAUD di wilayah tengah kecamatan Tawang

Bagian Peningkatan Mutu
“Seminar Parenting ini menjadi bagian dari peningkatakn mutu pendidikan khususnya untuk pendidikan anak usia dini dan perbaikan minimalnya bagi lembaga, guru-gurunya juga orang tua dan dampaknya terhadap anak-anak bisa menjadi kebanggaan orang tua. TK Alphabet ini semoga menjadi contoh bagi yang lainnya, di mana orang tua harus memahami cara mendidik anak. Sehingga anak tidak hanya dititipkan, tapi orang tua perlu diberikan pengetahuan, pemahaman tentang arti pentingnya mendidik dan memahami anak. Pendidikan anak usia dini menjadi pundament yang sangat penting untuk pembentukan generasi yang berkualitas.”

 

Dra Imas Nurjanah MPd , pengawas TK wilayah tengah kecamatan Cihideung (1)

Rumah-Sekolah Sinergis
“Mudah-mudahan bisa direalisasikan oleh guru-guru PAUD dan orang tua yang ada di Kecamatan Cihideung dan Tawang. Jadi antara sekolah dan rumah itu sinergis kalau di sekolah mengajarkan A di rumah juga sama. Misalnya di sekolah anak dibiasakan buang sampah pada tempatnya, di rumah juga sama oleh orang tua disiapkan jangan kemana saja.”

 

 

 

 

Jenal SPd, penilik PAUD kecamatan Cihideung

Mencerdaskan
“Bagi saya ini sangat bagus karena tujuan pendidikan ini sama, mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya di Indonesia. Saya sangat mengapresiasi kegiatan parenting ini. Apalagi Alphabet ini asalnya dari Kecamatan Tawang berpindah lokasi ke Kecamatan Cihideung, jadi secara otomatis jadi binaan saya. Saya juga bahagia diberi anugerah sekolah yang inovatif, lembaga yang maju baik dari saran dan prasarana, pengembangan 3P (Penampilan, Pelayanan dan Prestasi) dan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) bagus dan diaplikasikan dengan baik, saya berharap lembaga lain bis amengikti dan bisa bersaing untuk tingkatkan komptensi.”

 

Sinta Siti Sundari, Orang Tua dari Neptune (1)

Dapat Pencerahan
“Sangat asyik, pengarahan yang diberikan sangat baik. Saya sedang galau juga jadi dapat pencerahan, jadi pengan cepat pulang dan pengen meluk cepat meluk Mama. Dari pelatihan ini saya ingin perbaiki diri, karena semua berawal dari diri sendiri, dalam mendidik anak harus lebih tenang apalagi anak saya spesial jadi harus lebih tenang.”

 

 

 

Dina Rohmah Amalia, Orang tua dari M Auliya Zidan (1)

Sangat Bermanfaat
”Ini pertama kalinya saya ikut parenting kayak gini. Bermanfaat banget bagi saya. Jadi tahu bagaimana mendidik anak yang benar. Jadi ternyata dari diri kita harus lebih baik sebelum kita bisa menjadikan orang lain atau anak baik. Jadi sangat bermanfaat, kalau bisa ada lagi dengan materi materi yang lebih berkambang lagi, karena usia anak terus berkembang.”

 

 

 

Ai Susilawati, Orang tua dari Ingga Jati (1)

Semoga berkah
”Alhamdulillah saya merasa bisa lebih menerima kenyataan dan sikon anak, bagaimana pun anak itu istimewa dan saya harus bisa menghadapi anak lebih bijaksana lagi. Saya sampai nangis ikut seminarnya dan bahagia karena sudah diundang. Ilmu yang disampaikan sangat bermanfaat dan semoga berkah untuk semuanya,”

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.