Parkir Motor 3.000, Mobil 4.000

288
0
foto-foto istimewa PEMBERITAHUAN. Petugas Dishub Kota Tasikmalaya memasang sepanduk pemberitahuan perubahan tarif parkir di pusat kota, Senin (30/12).

BUNGURSARI – Tarif parkir badan jalan yang dikelola oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tasikmalaya berubah. Perubahan tarif berlaku mulai 1 Januari 2020.

Hal itu berdasarkan Peraturan Wali Kota Tasikmalaya Nomor 51 Tahun 2019 tentang Perubahan Tarif Parkir. Sepeda motor menjadi Rp 3 ribu, mobil Rp 4 ribu, mobil boks Rp 5 ribu dan truk Rp 6 ribu.

Kepala UPTD Parkir Dishub Kota Tasikmalaya Hamzah Diningrat menyebutkan tarif parkir saat ini sudah diberlakukan cukup lama sejak 2011. Sementara perekonomian daerah terus meningkat. “Hampir 10 tahun, jadi memang sudah saatnya perlu penyesuaian,” tuturnya.

Penyesuaian tarif parkir, kata hamzah, akan dibarengi dengan pelayanan yang lebih baik. Salah satunya penataan kondisi parkir yang lebih elok ke depannya. “Kita berikan pembinaan kepada juru parkir untuk memberikan kenyamanan,” ujar dia.

Pihaknya juga akan mulai melakukan perubahan beberapa sistem pemungutan uang parkir. Yakni dengan pengadaan mesin Smart Parkir yang akan digunakan oleh juru parkir. “Mesinnya kecil nanti mesin itu mengeluarkan karcis untuk tagihan pemilik kendaraan,” katanya.

Disinggung soal potensi banyaknya masyarakat yang terbebani dengan tarif yang baru, menurutnya, hal itu sudah menjadi konsekuensi. Namun, masyarakat masih mampu untuk membayarnya. “Berat karena mungkin belum terbiasa,” tutur dia.

Penyesuaian parkir bukan hanya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dengan tarif yang lebih tinggi diharapkan bisa mendorong masyarakat kembali menggunakan angkutan umum. “Karena prinsipnya masih upaya pengendalian arus lalu lintas, kalau banyak yang naik angkutan jalanan pun tidak padat,” tutur dia. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.