Parkir Sembarangan, Sepeda Motor Diangkut

36
0
DIANGKUT. Kasat Lantas Polres Garut menilang kendaraan yang parkir sembarangan di Jalan Ahmad Yani Kecamatan Garut Kota Kamis (29/8). Yana Taryana / Rakyat Garut

GARUT KOTA – Operasi Patuh Lodaya 2019 dimulai. Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Garut menilang dan mengangkut puluhan sepeda motor yang tidak dilengkapi surat-surat saat berkendara.

“Hari pertama ini kami lakukan di wilayah KTL (kawasan tertib lalu lintas). Kami sengaja melakukannnya di sini karena banyak pengendara yang masih melanggar,” ujar Kasat Lantas Polres Garut AKP Rizky Adi Saputro kepada wartawan di Jalan Ahmad Yani Kecamatan Garut Kota Kamis (29/8).

Pperasi kali ini, kata dia, akan dilakukan secara represif oleh petugas gabungan dari Polri, TNI dan Dinas Perhubungan. Hal ini dilakukan supaya masyarakat paham dan tertib dalam berlalulintas. “Kami ingin menekan angka pelanggaran lalu lintas, khususnya di wilayah KTL,” katanya.

Dalam operasi di wilayah KTL, pihaknya juga menindak pengendara yang parkir sembarang. “Kalau surat-suratnya tidak lengkap kami menindak dengan mengangkut kendaraan,” ujarnya.

Tindakan itu dilakukan sebagai efek jera agar pengendara tidak parkir sembarangan di kawasan tertib lalu lintas. “Banyak sekali yang parkir sembarang di kawasan ini, meski rambu-rambu sudah dipasang di sana,” katanya.

Rizky mengatakan Operasi Patuh Lodaya akan dilaksanakan selama 14 hari mulai 29 Agustus sampai 11 September. Operasi akan menindak seluruh pelanggaran pengendara baik itu roda dua maupun roda empat.

Target operasi yakni pengguna sepeda motor yang melawan arus, berkendara di bawah umur sampai kendaraan yang memasang rotator atau sirine. Beberapa pelanggaran lain juga ikut menjadi perhatian utama. Mulai dari pengendara mobil dan motor yang melajukan kendaraan melebihi batas kecepatan, berboncengan lebih dari dua orang untuk motor serta melanggar rambu lalu lintas. “Kendaraan yang tidak memenuhi persyaratan laik jalan hingga tak dilengkapi surat-surat keabsahan kendaraan atau STNK yang belum diperpanjang pajaknya juga akan ikut ditindak,” ujarnya. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.