Parpol di Kota Tasikmalaya Sudah Petakan Pemilik Kursi

4481

TASIK – Sejumlah partai politik (parpol) di Kota Tasikmalaya sudah memetakan kursi raihan suara sementara di Pileg 2019. Beberapa diantaranya berharap mendapat tambahan wakil rakyat di DPRD.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Tasikmalaya H Nandang Suryana yakin di Pileg 2019 partainya bisa mengutus kader terbaiknya mengisi 10 kursi di DPRD.

“Hasil pemetaan (perhitungan internal parpol, Red) kita optimis mendapat 10 kursi. Bahkan peluang menjadi 11 bisa saja terjadi,” ujarnya kepada Radar, belum lama ini.

Ke-10 kursi tersebut, kata Nandang, masing-masing tiga di dapil 1, dua dapil 2, tiga dapil 3 dan dua dapil 4. “Hampir semua dapil di Kota Tasik terisi oleh kader Gerindra. Dan kami sangat mensyukurinya,” terang dia.

Adapun caleg partai berlambang burung garuda yang berpotensi menduduki kursi DPRD, yakni di dapil 1 Aslim, Kuntara Harjasuparna, Asep Hendri Darmawan, dapil 2 Andi Warsandi, Dodi Ferdiana Kusnandar, dapil 3 Gilman Mawardi, Romdoni Maftuh, Rahmat Sutarman, dapil 4 Murjani, Ali Ridlo dan Ridwan Nurfaozan. “Tapi itu baru gambaran sementara, kita lihat nanti hasil pleno KPU,” ujarnya.

Humas Media dan LO Lajnah Pemenangan Pemilu DPC PPP Kota Tasikmalaya Yanuar M Rifqi menyebutkan dari perhitungan internal sementara, partainya diprediksi meraih 10 kursi DPRD.

“Meski tidak memenuhi target (15 kursi, Red), tapi kita optimis tetap menduduki kursi ketua DPRD,” ungkapnya.

Dengan prediksi raihan kursi sementara yakni di dapil 1 H Muslim Sumarna, Ramdani Mun’im, Hj Ai Rika Susilawati, dapil 2 Riko Oktora, Tedi Gunandi, dapil 3 Eki Wijaya, Agus Wahyudin, Hj Ai Ellah Rohilah serta di dapil 4 Hj Nurjanah, H Enjang Bilawini, H Ajat Sudrajat. “Ini (hasil raihan suara sementara, Red) masih bisa berubah, ” katanya.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Tasikmalaya Kepler Sianturi memprediksi raihan kursi di DPRD tidak akan berubah dari sebelumnya yakni 7 kursi. “Kalau melihat hari ini, suara PDI Perjuangan Kota Tasik masih sama dengan tahun 2014,” tuturnya.

Adapun caleg yang berpotensi lolos ke DPRD yakni H Denny Romdhoni, H Dodo Rosada, Munir, Muslim SSos MSi, Rachmat Soegandar, Eti Puspitawati dan dirinya. “Sementara seperti itu, kami juga masih menunggu hasil pleno KPU nanti,” katanya.

Ketua DPC PAN Kota Tasikmalaya H Mamat Rahmat memprediksi partainya akan meraih jumlah kursi sama seperti saat ini sebanyak 5 kursi. “Kemungkinan kita memiliki jumlah kursi tetap,” tuturnya.

Namun, kata Mamat, kemungkinan akan ada penurunan kursi di dapil 1, tetapi mengalami kenaikan kursi di dapil 4. “Tergantung nanti hasil akhirnya seperti apa, mungkin bisa bertambah lagi kursinya,” kata dia.

Adapun caleg yang berpotensi duduk di DPRD, sebut Mamat, yakni Wahidin, Bagas Suryono, Ade Lukman, Aceng MZ dan dirinya sendiri. “Kalau dari suara, nama-nama itu punya potensi masuk (lolos ke DPRD, Red),” katanya.

Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Tasikmalaya H Nurul Awalin memprediksi raihan kursi partainya masih sama sebanyak 5 kursi. “Sepertinya jumlah raihan kursi Golkar masih sama dengan pileg sebelumnya,” kata Nurul.

Dengan caleg yang berpotensi mengisi DPRD yakni para petahana seperti H Dayat Mustofa di dapil 1, Ate Tachjan dapil 2, H Nurul Awalin dapil 3, Isep Rislia dan H Undang Syafrudin dapil 4.

”Hitungan sementara semua petahana caleg Golkar lolos. Saya berharap ada tambahan lagi saat pleno KPU diumumkan,” paparnya.

Ketua DPC PKB Kota Tasikmalaya H Cece Insan Kamil mengatakan perhitungan PKB di Pileg 2019 akan mendapat tiga kursi. Masing-masing di dapil 1, 3 dan 4. “Namun saya belum bisa menyebutkan siapa saja caleg yang berpotensi bisa lolos,” katanya.

Ketua DPD PKS Kota Tasikmalaya H Agus Setiawan mengklaim saat ini empat kursi DPRD sudah ditangan. Hal itu, kata dia, melihat perhitungan dari raihan suara meski masih bersifat sementara. “Empat kursi sudah aman kalau kita lihat raihan suara,” ungkapnya.

Adapun caleg yang berpotensi masuk gedung dewan tersebut masih didominasi wajah lama di Fraksi PKS. Seperti Dede Muharam di dapil 1, Ishaq Farid di dapil 2, Dede SIP di dapil 3. Namun untuk dapil 4 pihaknya belum bisa memprediksi siapa yang mengisinya. “Petahana masih kuat,” tuturnya.

Akan tetapi, pihaknya masih harap-harap cemas menunggu hasil Pleno dari KPU. Dia berharap partainya bisa mendapat kursi tambahan di dapil 1 untuk periode selanjutnya. “Karena kita masih punya peluang menambah jadi lima kursi,” ujarnya.

Ketua DPD Nasdem Kota Tasikmalaya Abdul Haris memprediksi wakil dari partainya bisa bisa memiliki kursi di dapil 1 dan 2.

Namun demikian, pihaknya berharap hasil pleno nanti memberikan angin segar bagi Nasdem dengan tambahan kursi. “Mudah-mudahan saja bisa jadi bertambah lagi kursi,” harapnya.

Ketua DPC PBB Kota Tasikmalaya H Asep Deni Adnan Bumaeri SHI SH MH optimis mendapatkan satu kursi di dapil 2. Dia masih berharap ada kursi tambahan di dapil lainnya meskipun dengan persaingan yang ketat. “Kalau hitung-hitungan sementara satu kursi kita sudah dapat,” katanya.

Namun siapa caleg PBB yang berpotensi menduduki kursi DPRD, Asep belum bisa memberikan prediksi. Pasalnya beberapa nama punya peluang sama besar untuk lolos. “Kita lihat saja nanti hasil pleno KPU,” pungkasnya.

Adapun DPC Partai Demokrat Kota Tasikmalaya saat dimintai soal prediksi raihan suara di Pileg 2019. dr Wahyu Sumawidjaja sebagai ketua DPC mengaku belum bisa menaksir jumlah kursi. “Nanti saja setelah ada hasil pleno KPU,” singkat. (rga)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.