Parpol Mulai Menakar Kandidat

199
0

Atmosfir Pilkada Tasik 2020 mulai menghangat, seiring partai politik mulai menakar kandidat yang akan diusung pada pemilihan orang nomor satu di Kabupaten Tasikmalaya.

Dari rangkuman Radar, beberapa partai politik di Kabupaten Tasikmalaya sudah mengerucutkan nama yang akan diusung sebagai kandidat.

Seperti Partai Golkar Kabupaten Tasikmalaya yang telah mengadang-gadang nama Erry Purwanto dan H Yod Mintaraga. PKB KH Acep Adang Ruhiat, H Oleh Soleh dan Haris Sanjaya mulai muncul ke permukaan. PPP pun mulai menimbang beberapa nama seperti Cecep Nurul Yakin, Lina Ruzhan, KH Arif Maoshul Affandy dan KH Didi Abdul Hadi. PAN tetap istiqomah mengusung Ketua DPW PAN Jawa Barat Deni Sagara.

Gerindra sebagai peraih suara terbanyak di Kabupaten Tasikmalaya masih menakar siapa yang akan diusung. Namun nama ketua DPC H Cecep Ruchimat (HCR) menjadi kandidat terdepan. Dari Demokrat muncul nama Ketua DPC Ferry Willyam dan Ketua DPD PKS Dadi Supriadi. Sedangkan PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya kemungkinan besar akan kembali mengusung Ketua DPC sekaligus Bupati Tasikmalaya saat ini H Ade Sugianto. Sementara nama dari luar partai politik muncul Ketua GM FKPPI Kabupaten Tasikmalaya H Iwan Saputra dan Ketua PC NU Kabupaten Tasikmalaya KH Atam Rustam.

Pengamat Politik, Sosial dan Pemerintahan Tasikmalaya Asep M Tamam menilai sudah selayaknya Pilkada Tasikmalaya tahun 2020 diisi kader-kader baru dan muda. “Saya mendorong kandidat yang namanya sudah muncul tampil secara serius. Agar jangan seperti Pilkada tahun 2015 yang hanya satu pasangan calon,” tuturnya.

Untuk itu, bagi para tokoh dan ketua parpol yang memiliki nbiat mewakafkan diri bagi masyarakat Kabupaten Tasikmalaya. Sudah seharusnya mulai melakukan pemetaan, meskipun waktu pelaksanaan pilkada masih satu tahun lebih. ”Dalam politik itu waktu akan semakin cepat terasa,” tandasnya.

Pengamat politik lainnya, Maulana Janah menilai Partai Gerindra Kabupaten Tasikmalaya sangat realistis mengusung calon bupati (cabup) di Pilkada 2020.

“Ya sangat realistis dan memungkinkan untuk mengusung cabup, karena mereka merupakan partai pemenang di Kabupaten Tasikmalaya,” ujarnya kepada Radar, tadi malam.

Menyikapi hal tersebut, kata dia, Gerindra harus segera menyiapkan kader internal maupun eksternal untuk diusung menjadi calon bupati. Sehingga ada persiapan matang untuk bisa memenangkan pesta demokrasi lima tahunan ini. “Ya persiapan kadernya harus sekarang dong, karena awal tahun depan (2020) sudah memasuki tahapan pemilihan kepala daerah,” katanya.

Menurutnya, kader internal yang layak dan mumpuni maju menjadi calon bupati dari Gerindra yakni H Cecep Ruchimat (HCR). Dia memiliki pengalaman matang, bahkan sudah mampu membawa Gerindra menjadi partai pemenang di basis partai Islam. “Kalaupun tidak HCR, Gerindra bisa mencari kader alternatif lain yang satu visi dan misi,” paparnya. (kim/dik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.